SOLOPOS.COM - Suasana Festival Kopi Menoreh, di Bukit Wisata Pulepayung, Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Minggu (27/8/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Festival Kopi Menoreh di Bukit Wisata Pulepayung, Dusun Soropati, Desa Hargotirto dihelat pada Minggu (27/8/2017)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Festival Kopi Menoreh di Bukit Wisata Pulepayung, Dusun Soropati, Desa Hargotirto, yang dihelat pada Minggu (27/8/2017), mengajak seluruh pengunjung dari beragam kalangan, untuk guyub sambil menikmati kopi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Acara Festival Kopi Menoreh, Suherman mengatakan, festival ini memang menyasar pengunjung dari segala usia, dan beragam latar belakang, untuk menyatu bersama sambil menikmati beragam suguhan budaya, musik dan kopi yang diseduh para barista.

Acara ini diinisiasi oleh Komunitas Pecinta Kopi Kulonprogo, yang berkumpul dan ingin mendekatkan budaya ‘ngobrol sambil ngopi’ di tengah masyarakat.

Dalam festival ini, hadir para barista dari sejumlah warung kopi populer di Kulonprogo, seperti Gumbreg Coffee, Smile Coffee & Tea, Wayang kopi, Setjangkir Kopi, Kopinang, Volkswarkop dan tenant lainnya. Mereka membawa kopi unggulan mereka, untuk dicicipi oleh pengunjung, gratis.

“Festival ini menyatukan aktivitas ngopi, ngobrol dan berkumpul dengan teman. Ditemani dengan musik akustik dan sejumlah pertunjukan budaya, ada atmosfir yang menyentuh di sini,” ujar dia, Minggu.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta ini, digelar untuk merespon minat masyarakat Kulonprogo, yang semakin tinggi terhadap kopi. Bahkan Kulonprogo sendiri telah memiliki warung kopi yang populer di kalangan wisatawan, seperti Kopi Menoreh Pak Rohmat.

Walaupun terletak di lokasi yang jauh, tidak sedikit orang berbondong-bondong menikmati kopi di sana. Selain itu, ingin mempromosikan Pulepayung sebagai salah satu lokasi wisata baru di kota geblek.

“Kalau harapan kami, semoga ke depan ada obrolan di antara para pemilik warung kopi, untuk membuka warung kopi di Pulepayung. Jadi pecinta kopi punya alternatif tempat wisata sambil ngopi,” imbuhnya.

Salah satu pengunjung, Niken Kartika Ratri mengatakan, dirinya sengaja menyempatkan diri menghadiri festival ini, setelah mengetahui informasinya dari media sosial Instagram. Warga Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah ini juga penasaran dengan rasa kopi khas Kulonprogo.

“Sekalian bisa berlibur di sini, semoga bisa diadakan tiap tahun dan lebih besar ya,” ungkap perempuan 21 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya