SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Gusti Raden Ajeng (G.R.Aj.) Ancillasura Marina Sudjiwo, 27, putri K.G.P.A.A. Mangkunagara IX, tengah sibuk dengan persiapan Road to Mangkunegaran Jazz Festival yang sedianya digelar akhir pekan ini. Dalam event tersebut tersebut, Gusti Sura, nama panggilannya, menjabat sebagai co-founder membantu adiknya, G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang bertindak sebagai founder. Untuk itu sejak beberapa bulan terakhir ia sering bolak balik Jakarta–Solo demi menyelesaikan agenda tersebut.

Saat berbincang dengan Espos seusai jumpa pers di Balai Warni Pura Mangkunegaran, Senin (19/11/2018) sore, Sura menjelaskan festival jazz itu ditujukan bagi anak muda. Ia berharap acara tersebut membuat generasi muda semakin dekat dengan Pura Mangkunegaran dan warisan kebudayaan yang ada di dalamnya. “Makanya di dalam acara juga kami sisipi pentas tari klasik Pura Mangkunegaran yang ditampilkan Kemantren Langen Projo,” kata Sura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sura juga berencana menggelar acara lain yang bertujuan mewadahi generasi muda. Sebelumnya Sura lebih aktif bergerak di bidang kesenian tradisional saat menjabat sebagai Pembina Kemantren Langen Projo sejak 2015. Bidang tersebut bertugas mengembangkan kesenian Pura Mangkunegaran mulai tari hingga karawitan. Sura juga menjadi Ketua Umum Panitia Malam 1 Suro dan Tinggalan Jumenengan Pura Mangkunegaran sejak 2016.

“Kami selalu berupaya melestarikan peninggalan eyang-eyang. Jangan sampai dilupakan atau bahkan hilang. Baik dengan pentas yang sesuai pakem ataupun dengan akulturasi budaya modern,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya