Tutup Iklan

Guru TK di Kota Madiun Berlatih Mengembangkan Kreativitas Mengajar

Pemkot Madiun memberikan pelatihan kepada guru TK untuk mengembangkan kreativitas mengajar supaya menjadi inspirasi anak-anak.

 Ratusan guru TK di Kota Madiun mengikuti workshop peningkatan kreativitas guru di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Ratusan guru TK di Kota Madiun mengikuti workshop peningkatan kreativitas guru di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun memberikan perhatian khusus kepada pendidikan anak usia dini. Pemkot berharap pendidik di sekolah anak usia dini memiliki kreativitas lebih supaya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak.

Sebanyak 230 guru taman kanak-kanak (TK) di Kota Madiun mengikuti workshop peningkatan kreativitas guru dalam bidang seni dan literasi di Taman Ngrowo Bening, Senin (18/10/2021). Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan usia lima sampai enam tahun merupakan masa keemasan anak-anak atau golden age.

Baca Juga : Keren! Toko Roti di Surabaya Ini Sediakan Dalgona Candy ala Squid Game

Oleh karena itu, dia berharap anak di usia tersebut harus benar-benar mendapatkan pendidikan yang bagus. Guru di taman kanak-kanak, menurut dia, menjadi contoh anak didiknya selain orang tua.

“Sehingga materi-materi tentang kesopanan dan saling menghormati harus ada di sana [TK]. Karena karakter anak itu pasti meniru guru dan orang tuanya,” kata dia.

Maidi menuturkan masa keemasan anak sangat penting bagi tumbuh kembang ke depan. Masa keemasan itu juga tidak akan terulang kembali. Untuk itu, lanjut dia, benar-benar harus diperhatikan orangtua maupun pendidik. “Dengan workshop ini, guru TK harus memahami semua materi. Karena pondasi pendidikan itu salah satunya ada di TK,” jelas dia.

Baca Juga : Tersentuh Tengkulak, Harga Tembakau di Madiun Anjlok

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Madiun, Lia Ratih, mengatakan pelatihan ini khusus diberikan kepada guru TK di Kota Madiun. Para guru akan mendapatkan materi terkait pola pembelajaran anak.

Para guru dilatih berkreasi dalam hal permainan dan bernyanyi serta menulis cerita. Kemampuan-kemampuan itu penting dimiliki setiap guru TK. “Model pembelajaran di TK memang harus dengan bernyanyi dan bermain. Kan tidak mungkin ngajar di TK hanya menjelaskan materi tanpa ada bermain dan bernyanyi,” ujar dia.

Para guru TK tersebut juga mendapatkan pelatihan menulis cerita yang menarik. Nantinya cerita-cerita yang ditulis bisa dibukukan dan menjadi bagian dari materi pembelajaran.

Baca Juga : Istimewa, Kerajinan Kulit Warga Madiun Ini Tembus Jepang Hingga Kanada

Masa golden age, kata dia, penting untuk diperhatikan. Maidi berpendapat anak pada masa itu sedang mengalami pertumbuhan yang sangat bagus untuk pembentukan karakter. “Workshop ini digelar sampai Jumat, untuk offline hanya hari ini. Sedangkan Selasa sampai Jumat dilakukan secara online,” kata Lia. (ADV)


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).