Guru SMPN di Solo Banyak yang Gaptek, Guru Muda Bantu Kerjakan Tugas
Kegiatan belajar mengajar di sekolah (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com SOLO — Banyak guru SMPN di Solo yang masih gagap teknologi (gaptek). Akhirnya para guru muda yang membantu pekerjaan guru-guru yang tak terbiasa dengan teknologi tersebut.

Salah satunya adalah SMPN 16, Solo. Jumlah guru di sekolah tersebut ada 35 orang. Namun, 60% di antara mereka kurang mampu mengoperasikan teknologi. Seperti halnya menggunakan Microsoft Excel.

Jika mereka menggunakan Internet, mereka hanya mampu menggunakan situs Google. Selama ini, para guru belum mendapat pelatihan mengenai teknologi.

"Jujur kami sangat membutuhkan pelatihan mengenai teknologi, terutama teknologi Internet dan komputer. Tugas-tugas untuk para siswa saja masih dikumpulkan dalam bentuk kertas. Para siswa juga belum mengenal email," kata Wakil Kepala SMPN 16 Bidang Kurikulum, Kardi, saat ditemui Solopos.com, Kamis (25/4/2019).

Kondisi yang sama di SMPN 26 Solo. Dari 35 guru, mayoritas masih gagap teknologi. Menurut Kepala SMPN 26, Anik Indriyani, para guru yang gagap teknologi masih dibantu oleh para guru muda dalam mengerjakan suatu tugas.

"Saya rasa kami para guru masih membutuhkan pelatihan tentang pengenalan ilmu informasi dan teknologi. Sebenarnya memang agak membebani para guru muda karena para guru muda harus mengajari para guru yang akan pensiun dalam hal teknologi. Saya berharap pemerintah mau mengadakan pelatihan untuk para guru dalam mengenal informasi dan teknologi," kata Anik saat dihubungi Solopos.com.

Sementara itu, di SMPN 4 yang memiliki jumlah guru 71 orang, situasinya berbeda. Sebesar 80% di antara para guru tersebut telah mengenal teknologi dengan baik.

"Sejak 2013 kami telah mengikuti pelatihan tentang penggunaan komputer dan Internet di Alfa Bank. Meskipun sekarang belum ada pemberitahuan tentang pelatihan, kami telah menguasai ilmu IT. Bahkan 60% tugas yang diberikan guru kepada siswa berupa email," kata Wakil Kepala SMPN 4 Solo Bidang Humas, Sudarmono, saat ditemui Solopos.com.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho