Guru SMAN 1 Solo Positif Covid-19, Seluruh Karyawan WFH Sepekan
Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)

Solopos.com, SOLO -- Seorang guru SMAN 1 Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Sekolah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi seluruh guru dan karyawan selama sepekan.

Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengatakan WFH itu sudah berlangsung sejak Senin (21/9/2020). “Iya, memang guru dan karyawan bekerja dari rumah karena ada salah satu guru kami yang positif [Covid-19],” ujarnya, Kamis (24/9/2020).

Dugaan sementara, guru tersebut terpapar Covid-19 dari kerabatnya asal Bekasi saat datang ke Solo beberapa waktu lalu. “Informasi yang kami dapat, salah satu guru kami ini ada saudaranya dari Bekasi yang datang ke Solo karena ada acara. Kemudian saudaranya itu positif [Covid-19]. Sehingga salah satu guru kami ikut kena tracing, hasil swab positif,” ujarnya.

Kelar Pengundian Nomor Urut, 2 Paslon Peserta Pilkada Solo Langsung Umbar Optimisme

Ia mengaku sudah melaporkan adanya satu guru SMAN 1 Solo yang positif Covid-19 tersebut ke Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah.

Laporan juga sudah sampai ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo. Satgas menyarankan agar semua guru dan karyawan WFH selama sepekan.

“Rencananya WFH ini sampai besok [Jumat] dan setelah itu guru dan karyawan masuk kembali seperti biasa sesuai ketentuan,” imbuh Harminingsih.

Adik Ipar Gubernur Khofifah Meninggal Dunia karena Covid-19

Penilaian Tengah Semester

Selama WFH akibat adanya satu guru yang positif Covid-19, pengelola SMAN 1 Solo melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah sebanyak dua kali.

Hal itu untuk memastikan lingkungan sekolah bersih dan aman untuk beraktivitas. Pada sisi lain, pekan ini siswa SMA sedang mengikuti penilaian tengah semester (PTS).

Namun, menurutnya WFH tidak mengganggu jalannya ujian tersebut. “Iya, memang pekan ini ulangan. Tapi tidak masalah karena siswa dan guru sudah terbiasa dengan pembelajaran daring [dalam jaringan/online]. Sehingga ketika guru bekerja dari rumah pun ulangan tetap berjalan,” imbuhnya.

Anggota Komisioner KPU Wonogiri Pakai Pakaian Adat Saat Pengundian Nomor, Ini Maknanya

Sementara itu, Kepala Cabang Disdikbud Wilayah VII Jawa Tengah, Suyanta, mengatakan SMAN 1 Solo sudah melakukan tindakan yang benar terkait adanya satu guru yang positif Covid-19.

“Sekolah sudah melaporkan kasus ini kepada Satgas Covid-19, juga Cabang Dinas [Disdikbud Wilayah VII Jawa Tengah]. Sekolah sudah melakukan saran yakni memberlakukan WHF untuk semua guru dan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah,” ujar Suyanta.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom