Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, PTM di SMA Warga Solo Dihentikan

PTM di SMA Warga Surakarta dihentikan sementara mulai Kamis (27/1/2022) setelah ditemukan 12 orang guru, siswa, dan karyawan terkonfirmasi positif Covid-19.

 Ilustrasi pelajar. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Pembelajaran tatap muka (PTM) di SMA Warga Surakarta dihentikan sementara mulai Kamis (27/1/2022) setelah ditemukan 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di sekolah tersebut.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di SMA Warga Surakarta itu terdiri dari 2 orang guru, 2 orang karyawan, dan 8 orang siswa. Sebanyak 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 itu terdeteksi secara bertahap.

PromosiSemangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Kepala Cabang Dinas Pendidikan WIlayah VII Provinsi Jateng, Suratno, membenarkan informasi tersebut. Suratno juga menyampaikan bahwa PTM di SMA Warga Surakarta dihentikan dan dilanjutkan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga : Sekolah di Wonogiri Terapkan PTM 100 Persen Berbasis Hari

“Karena ditemukan ada yang positif Covid-19 [di] SMA Warga maka sudah kami perintahkan kepada kepsek [kepala sekolah] untuk PTM [dihentikan] digantikan PJJ. Informasi yang kami terima berawal dari satu guru positif kemudian dicari kontak eratnya 12 orang. Ada siswa dan guru kemudian dinyatakan positif,” kata Suratno saat dikonfirmasi Solopos.com, Kamis (27/1/2022).

Kemudian, lanjutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo menindaklanjuti temuan itu dengan melacak kontak erat 11 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Ia menyebut Dinkes Solo melaksanakan tes swab PCR Covid-19 kepada 104 siswa dan 55 guru.

“Hasil perluasan tracing belum keluar. Satu sekolah kami amankan dulu,” ujar dia.

Baca Juga : SDN 1 Wuryantoro Kembali Gelar Upacara, Kasek: Tinggalkan Sejenak Gawai

Suratno mengungkapkan Cabdin Pendidikan WIlayah VII Provinsi Jateng akan menyelenggarakan evaluasi PTM Jumat (28/1/2022). Evaluasi melibatkan seluruh SMA/SMK/SLB negeri dan swasta termasuk pembina.

Ia mengklaim pelaksanaan PTM berjalan lancar. Dasarnya laporan pelaksanaan PTM dari masing-masing sekolah setiap hari. “Dari awal PTM 100 persen sampai kemarin [Rabu] yang melaporkan kejadian khusus [baru] SMA Warga. Semoga tidak ada yang lain. Ini kali pertama di 2022,” jelasnya.

Kronologi Kasus

Sementara itu, beredar surat dengan kop Yayasan Pendidikan Warga SMA Warga Surakarta. Surat tersebut ditandatangani Kepala SMA Warga Surakarta, Purwoto. Surat tersebut menyebutkan perihal kejadian khusus PTM.

Baca Juga : PTM Terbatas di Klaten, Siswa Kurang Disiplin Memakai Masker

Surat dibuat kepada orang tua/wali siswa kelas X hingga XII SMA Warga Surakarta. Ada sejumlah poin yang disampaikan dalam surat tersebut, yakni terkait 12 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di SMA Warga Surakarta.

Kepala SMA Warga Surakarta, Purwoto, menjelaskan kronologi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di SMA Warga Surakarta.

“Salah seorang guru SMA Warga Surakarta pada saat periksa di rumah sakit [Sabtu] tanggal 22 Januari 2022. [Dia] sering kondisi begitu. Malam observasi di rumah sakit. Terkonfirmasi positif Covid-19 [Senin] tanggal 24 Januari 2022. Informasi disampaikan ke sekolah melalui Puskesmas Puwodiningratan,” kata Purwoto saat dikonfirmasi Solopos.com, Kamis.

Baca Juga : SMPN 4 Delanggu Gelar Doa Bersama sebelum PTM secara Penuh

PTM Diganti PJJ

Selanjutnya, Puskesmas Puwodiningratan melakukan tracking dengan meminta data guru, karyawan, dan siswa yang terlibat kontak dengan guru tersebut. Data digunakan untuk melaksanakan tes PCR di RS Bung Karno Surakarta pada Selasa (25/1/2022) pukul 08.00 WIB.

Sebanyak 12 orang menjadi kontak erat guru tersebut. Mereka menjadi kontak erat saat mengerjakan video untuk lomba bersama guru tersebut.

“Selasa [25/1/2022] pukul 20.30 WIB Dinas Kesehatan Surakarta memberitahukan hasil PCR 12 orang. Dinyatakan positif [yakni] 1 orang guru, 2 orang karyawan, dan 8 orang siswa. Dan 1 orang negatif,” ujarnya.

Baca Juga : SKB 4 Menteri: Kantin Ditutup, Pedagang di Luar Sekolah Boleh Jualan

Dinas Kesehatan menjadwalkan PCR bagi semua siswa, guru, karyawan, sekuriti SMA Warga Surakarta yang menjadi kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Pengambilan sampel pada Rabu (26/1/2022).

Ia juga membenarkan perihal penghentian PTM di SMA Warga Surakarta dan diganti dengan PJJ.

“Arahan Dinas Kesehatan Kota Surakarta seluruh siswa dan guru/karyawan dimohon mengurangi aktivitas di luar rumah. Arahan Kepala Cabdin Pendidikan WIlayah VII Provinsi Jateng, sesuai ketentuan pembelajaran mulai Kamis [27/1/2022] dilaksanakan PJJ sembari menunggu hasil PCR serta perkembangan situasi umum.”

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).