Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, 8 SD-SMA di Blora Batal PTM

Kasus di delapan sekolah di Blora itu bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19, karena ditemukan saat screening sebelum PTM.

 Vaksinasi Covid-19 di SMPN 1 Blora, Jawa Tengah. (Detik.com)

SOLOPOS.COM - Vaksinasi Covid-19 di SMPN 1 Blora, Jawa Tengah. (Detik.com)

Solopos.com, BLORA — Gegara ada guru dan siswa terpapar Covid-19, delapan sekolah dari jenjang SD hingga SMA di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, batal menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka.

“Iya ada delapan sekolah yang batal melaksanakan PTM. Karena ditemukan beberapa guru dan karyawan yang terkonfirmasi positif. Delapan sekolah itu berjenjang mulai dari SD sampai dengan SMA,” kata Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edi Widayat, saat dihubungi Detik.com, Kamis (23/09/2021).

Meski begitu, Edi mengatakan kasus di delapan sekolah di Blora itu bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19. Sebab kasus itu ditemukan saat screening yang dilakukan sebelum proses PTM berlangsung.

Baca juga: UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

“Jadi Pemda mensyaratkan kepada sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka, guru dan karyawan wajib swab dulu. Dan diketemukan itu. Jadi bukan klaster sekolah karena diketemukan sebelum PTM berjalan,” jelasnya.

Edi menilai langkah tersebut paling efektif untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan sekolah. Sehingga jika diketahui ada yang positif Covid-19, PTM akan ditunda.

“Nanti murid-murid juga akan dilakukan hal yang sama (swab). Namun sifatnya kita random atau acak,” ungkapnya.

Baca juga: Petani Jambu Air Di Grobogan Ini Namanya Mirip Nama Penyanyi Indonesia

Secara terrpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan Endang Rukmiyati mengatakan tes swab pada guru dan karyawan itu dilakukan pada 9 September 2021. Sedangkan hasil tes itu keluar pada 12 September 2021.

“Jika ada temuan guru dan karyawan yang positif untuk mereka kita minta untuk melakukan isolasi mandiri. Sedangkan pihak sekolah kita tunda PTM-nya minimal selama sepekan. Namun sampai saat ini delapan sekolah itu masih off belum melakukan PTM,” kata Endang.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.

Dibawa dari Aceh, 19,3 Kg Ganja Disita BNN di Magelang

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap seorang pengedar narkoba yang membawa 19,3 kg ganja di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Angin Puting Beliung Terjang 4 Desa di Kudus, Ratusan Rumah Warga Rusak

Ratusan rumah warga di empat desa di Kabupaten Kudus mengalami kerusakan setelah diterjang bencana angin puting beliung.

Longsor Timpa Rumah Warga di Banjarnegara, Bocah Usia 3 Tahun Meninggal

Bencana tanah longsor melanda permukiman di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), menyebabkan seorang bocah berusia 3 tahun meninggal dunia.