SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di ruas tol lingkar dalam Jakarta, Selasa (20/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO -- Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran atau Unpad, Prof Cissy Rachiana Sudjana Prawira Kartasasmita, mengatakan bahaya mudik saat Covid-19 masih mengintai.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah saja saat momen Lebaran 2021 tiba.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Ga Perlu Panik, Mentan Pastikan Stok 12 Bahan Pangan Pokok Aman Jelang Lebaran

"Bahaya saat Pandemi COVID-19 masih mengancam. Tinggallah di rumah. Jangan mudik dulu Lebaran ini," ujar dia dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Rabu (28/4/2021).

Karena masih bahaya, mudik di kondisi pandemi Covid-19 bisa diganti dengan silaturahmi dari jauh dengan cara daring.

Baca Juga: Mengkhawatirkan, Tiap Hari Ada Kasus Kematian Pasien Covid-19 Di Sragen

Dia pun tak lupa mengingatkan kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Termasuk kepada masyarakat yang telah sudah vaksinasi lengkap.

"Walaupun Anda sudah vaksinasi lengkap masih bisa tertular dan menulari. Tetap patuhi protokol kesehatan. Salam sehat," tambah dia.

Baca Juga: Telkomsel Latih UMKM Solo Bikin Laporan Keuangan

Sebelumya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito juga menyampaikan, Indonesia merupakan negara dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang dapat terkendali.

Tren baik ini masih dapat terjaga, jika dibandingkan negara-negara di dunia yang mengalami kenaikan kasus. World Health Organization (WHO) mencatat 5 negara dengan kasus aktif tertinggi ialah Amerika Serikat (6.812.645), India (2.822.513), Brazil (1.099.201), Perancis (995.421) dan Turki (506.899).

Baca Juga: Meski Sulit, Keluarga Pelajar Sukoharjo Dituding Menipu Bertekad Kembalikan Uang Pemesan Album K-Pop

Meski begitu, Wiku tetap meminta masyarakat tak mudik terlebih dahulu saat momen Lebaran 2021 nanti. "Untuk masyarakat diminta bersabar sejenak untuk tidak mudik dan bersilaturahmi bersama sanak saudara selama Lebaran," imbau dia.

Baca Juga:  Deretan Tragedi Kapal Selam Hilang, Ada yang Berhasil Ditemukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya