SOLOPOS.COM - Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JOGJA – Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM Jogja dipastikan positif terinfeksi corona. Saat ini dia diirawat di RSUP Dr Sardjito.

Fakta itu dirilis dalam jumpa pers bersama awak media di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr Sardjito, Rabu (18/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor UGM Jogja Bidang Kerjasama dan Alumni, Paripurna Poerwoko Sugarda mengonfirmasi bahwa guru besar tersebut merupakan Prof. dr. Iwan Dwiprahasto.

Virus Corona Tak Pandang Bulu, Siapapun Bisa Tertular Penyakit Covid-19

"Dengan ini atas persetujuan keluarga, UGM mengonfirmasikan atas nama Rektor, bahwa beliau saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit karena menderita Covid-19," kata Paripurna, seperti dikabarkan Harianjogja.com.

Paripurna meyakinkan bahwa dengan dirilisnya identitas ini sudah melalui persetujuan keluarga. UGM Jogja selalu melakukan komunikasi intensif dengan keluarga guru besar tersebut.

Contact Tracing

Lebih jauh, keluarga justru ingin hal ini menjadi bekal untuk dilakukan contact tracing siapa saja yang kontak dengan pasien dalam kurun waktu tiga pekan terakhir.

Kecelakaan Maut Klaten: 2 Motor Senggolan di Karanganom, Warga Jatinom Meninggal

"Saya belum dapat info riwayat terakhir beliau. Beberapa hari yang lalu yang bersangkutan masuk RS Sardjito,” terang Paripurna.

Dia mengimbau siapapun yang kontak dengan Guru Besar UGM Jogja berusia 58 tahun selama tiga pekan terakhir segera memeriksakan diri.

“Kami belum bisa menanyai keluarga [terkait riwayat kontak Iwan] karena suasana kalut, ya. Jadi kami hanya imbau yang pernah kontak tiga minggu terakhir dengan beliau untuk silakan memeriksakan diri," sambung Paripurna.

Solo KLB Virus Corona, Rutan Kelas I A Solo Lockdown

Informasi ini sekaligus mengonfirmasi beragam desas-desus yang sejak beberapa hari terakhir beredar di beberapa grup Whatsapp. Informasi itu menyebutkan Iwan dinyatakan positif Covid-19.

Tetapi isu di Whatsapp itu sempat dibantah pihak UGM Jogja lantaran hasil tesnya baru keluar dari Balitbangkes Kemenkes Rabu siang pukul 12.00 WIB.

Waspada Corona, Tawur Agung Kesanga Prambanan Tak Dihadiri 10.000 Orang

Aktif Mengajar

Sebagai informasi, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto merupakan seorang Guru Besar di Fakultas Kedokteran UGM Jogja. Dia aktif mengajar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM Jogja.

Sampai saat ini dia masih dirawat di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito. Pihak rumah sakit tidak menjelaskan riwayat perjalanan dan kondisi medis pasien secara detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya