SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sydney–Kekayaan bahari Indonesia terus memberi kejutan dunia ilmu pengetahuan. Peneliti Australia menemukan gurita cerdas dari Sulawesi. Si gurita berenang membawa batok kelapa. Untuk apa ya?

Adalah Julian Finn dan Mark Norman, pakar biologi kelautan Australia, yang menemukan gurita cerdas ini. Mereka berdua selama 10 tahun meneliti di Sulawesi Utara dan Bali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami saat itu berada di Sulawesi Utara saat bertemu gurita dengan perilaku menakjubkan ini,” kata Finn seperti dilansir Reuters, Kamis (15/12).

Gurita unik ini masih dari keluarga Veined Octopus. Dia suka menempati cangkang kerang kosong, batok kelapa atau benda berongga buatan manusia yang jatuh ke dasar laut.

Finn dan rekannya melihat gurita ini membawa belahan batok kelapa sambil berenang. Batok kelapa ini dipakai untuk tempat perlindungan semacam rumah. Terkadang, gurita ini memakai 2 belahan batok untuk kemudian menjadi penutup yang sempurna.

“Menggunakan benda adalah keahlian utama manusia. Namun ternyata ada hewan sederhana dan bahkan bukan vertebrata, yaitu gurita yang juga bisa menggunakan benda,” imbuh Norman.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya