SOLOPOS.COM - Opor Enthok (Instagram/@petafoodindonesia)

Solopos.com, MAGELANG — Jika pada umumnya, sajian opor menggunakan daging ayam, berbeda dengan olahan kuliner khas Magelang, Jawa Tengah, yang berbahan dasar enthok. Makanan ini merupakan salah satu sajian khas saat Lebaran.

Enthok adalah sejenis unggas yang masih dalam satu keluarga dengan bebek. Olahan kuliner opor enthok cukup familiar bagi masyarakat Magelang. Bahan pembuatan opor ini umumnya sama dengan opor ayam. Mulai dari beragam macam rempah, kaldu, dan juga santan. Hanya saja daging yang digunakan adalah daging enthok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat menjelang Hari Raya Idulfitri, menu opor enthok ini juga menjadi hidangan utama di Magelang yang disantap bersama dengan keluarga dan rekan-rekan.

Opor enthok ini banyak dijumpai di arung makan di Magelang. Salah satunya adalah Warung Johar yang sudah legendaris menyuguhkan menu sajian daging bebek dan enthok.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Kanda Ajisaka, Rabu (4/5/2022), Warung Johar merupakan spot kuliner di Kabupaten Magelang yang sudah dikenal luas sebagai tempat untuk menyantap berbagai macam olahan makanan dengan daging enthok atau bebek

Baca juga: Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Serbu Dusun Semilir Bawen Semarang

Berdasarkan wawancara sang naravlog dengan pemilik warung, Warung Johar yang berada di Dusun Pucang, Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang ini sudah menyuguhkan beragam menu daging bebek sejak 1999. Untuk Opo Enthok,pelanggan yang datang kebanyakan meminta daging bebeknya digoreng terlebih dahulu.

Opor Enthok di warung ini disajikan dengan dua cara, yaitu dengan kuah dan dengan digoreng. Tapi saat menyantap, sama-sama menggunakan kuah opor yang memiliki rasa gurih dan sedap.

Daging bebek goreng adalah yang paling difavoritkan oleh para pelanggan di Warung Johar. Tekstur dagingnya terlihat sedap karena sudah diungkep dengan bumbu opor sehingga meskipun digoreng, cita rasa opornya masih terasa.

Baca juga: Kuliner Ketupat Landan Khas Banjarnegara, Warnanya Merah Lur!

Harga untuk satu porsi opor enthok ini bervariasi, tergantung bagian dari bebek yang ingin disantap. Contohnya, jika ingin menyantap bagian dada, harganya Rp27.000 (belum termasuk nasi). Ada juga menu daging bebek utuh yang harganya kisaran Rp150.000 hingga Rp250.000.

Baca juga: Sensasi Angin Berbisik di Wisata Anglir Mendung Banjarnegara

Setiap hari, pemilik warung menghabiskan sekitar 50-60 ekor bebek untuk diolah menjadi menu beragam makanan. Selain Opor Enthok, Warung Johar ini juga menyediakan menu daging bebek lainnya, seperti rica-rica enthok dan masih banyak lainnya. Ada juga makanan berbahan dasar ayam dan juga kambing. Untuk daging kambing, Warung Johar ini hanya menyediakan menu Tongseng saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya