SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Angin kencang dan gelombang laut setinggi lebih dari tiga meter diprediksi akan terjadi di Gunungkidul pekan ini sebagai dampak dari badai tropis yang melewati Australia.

Kasi Data dan Informasi BMKG DIY, Tony Agus Wijaya mengatakan, badai tropis yang terjadi di Australia tidak akan sampai DIY karena berjarak sekitar 300 km dari perairan Indonesia. Selain itu badai tropis biasanya menjauh dari garis khatulistiwa. Menurut dia, Indonesia hanya terkena ekornya yang diprediksi sampai di kawasan Indonesia bagian timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati demikian, sebagai dampaknya DIY termasuk Gunungkidul yang memiliki laut terluas diprediksi akan mengalami gangguan cuaca sepekan tetapi masih dalam batas wajar.

“Kecepatan angin antara 40 hingga 50 km per jam. Itu terjadi tidak lama paling antara lima sampai 10 menit,” terangnya kepada Harian Jogja, Rabu (21/3).

Pihaknya juga mengimbau kepada nelayan untuk waspada gelombang serta mengantisipasi adanya pohon tumbang di daratan.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya