SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL–Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di pesisir pantai selatan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul menyiapkan dua kapal berkekuatan 20 Grosston untuk pembinaan para pelajar SMK kelautan.

Sekretaris DKP Gunungkidul kepada Harian Jogja, Kamis (23/6) menjelaskan, dua kapal penangkapan ikan tersebut akan didatangkan tahun ini. Menurut dia, sudah ada enam siswa SMK yang akan turut menjadi nelayan di seputar pantai di Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini sudah kami persiapkan dua kapal, sehingga pelajar tersebut nanti bisa melebur dengan para nelayan setempat,” ujarnya.

Diakui Suwarno, pemberdayaan pantai di Gunungkidul saat ini belum optimal lantaran minimnya SDM. Melalui langkah tersebut, ia berharap ke depan kondisi nelayan Gunungkidul menjadi lebih baik.

“Harapan saya, mereka [pelajar] kalau sudah lulus bisa memanfaatkan lautnya sendiri. Karena banyak pelajar Gunungkidul yang lulus kemudian menjadi awak kapal di Jepang dan Negara lainnya,” pungkasnya.(Harian Jogja/Sunartono)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya