SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi. (Detik.com)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,0 mengguncang wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (20/1/2021). Gempa ini dirasakan juga hingga Pacitan serta Trenggalek, Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga tetap tenang. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gempa terjadi sekitar pukul 03.10 WIB. Lokasi gempa berada 116 km barat daya Gunung Kidul. Sementara pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Ekspedisi Mudik 2024

Jokowi Janjikan Bantuan Rp10 Juta hingga Rp50 Juta untuk Korban Gempa Sulbar

Seperti dikuti detik.com, BMKG meminta warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa tersebut. Selain itu, warga diimbau memastikan keamanan bangunan tempat tinggalnya. “Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutur Bambang.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang timbul akibat gempa di Gunungkidul itu. Bambang mengatakan hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Hingga hari Rabu, 20 Januari 2021 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan [aftershock],” kata dia.

Gempa ini juga dirasakan dalam skala II-III MMI di Pacitan dan skala II MMI di Trenggalek, Jawa Timur. Skala II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seolah ada truk berlalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya