SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana menambah lagi jumlah PNS melalui seleksi jalur umum pada 2011. Saat ini Pemkab melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengajukan 405 kuota CPNS ke pemerintah pusat, meskipun jumlah pegawai saat ini sudah mendekati 12.000 pegawai.

“Kuota penerimaan CPNS tahun ini sudah kami ajukan ke pemerintah pusat sebanyak 405 yang didominasi banyak untuk tenaga didik, guru,” kata Kepala BKD Gunungkidul Tunggul Priyono, Selasa (12/7).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tunggul mengaku, kebutuhan PNS masih tetap kurang memadai sejalan dengan pensiunnya ratusan PNS tiap tahun. Ia memandang, tingkat ideal jumlah pegawai Gunungkidul seharusnya mencapai 12.000 orang karena menurut dia jumlah SD saja mencapai sekitar 500 sekolah.

Kepala BKD mengasumsikan dari sebanyak 500 SD di Gunungkidul setiap sekolah dibutuhkan paling tidak sembilan hingga sepuluh pegawai terdiri dari enam guru kelas, satu kepala sekolah, satu guru agama, satu guru olah raga termasuk penjaga sekolah atau tata usaha.

“Bisa dikalikan untuk melihat jumlah ideal PNS guru SD di Gunungkidul. Itu pun belum termasuk SMP dan tingkat SMK dan SMA. Selama ini kita banyak terbantu sekolah swasta,” jelasnya.

Rencana itu langsung mendapat kritik dari pengurus Divisi Program Strategi Analisis Perencanaan Pengentasan Kemiskinan Gunungkidul, Triwahyuni Suciwulandari, dari Institute fot Development dan Economic Analysis (IDEA) Yogyakarta.

Triwahyuni memaparkan, persoalan penambahan pegawai yang tetap akan dilakukan Pemkab Gunungkidul dinilai hanya sebatas mimpi di tengah pembangunan berlangsung. Pasalnya, dari sisi anggaran yang selama ini hanya terbebani belanja pegawai, sudah tidak memungkinkan lagi dilakukan penerimaan pegawai negeri.(Harian Jogja/Endro Guntoro)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya