SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Lima hari menjelang pelaksanaan tradisi rasulan, warga Dusun Trimulyo I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, telah selesai menyiapkan perlengkapan untuk mengikuti kirab budaya Desa Kepek yang akan digelar pada Sabtu (23/7) depan.

Tak terkecuali karya gunungan ayam buras kebanggaan warga Trimulyo I pun sudah siap ditampilkan. Hasil karya seniman gunungan Waris Hadi Riswanto itu selesai digarap dalam waktu sebulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Waris mengatakan, gunungan ayam buras setinggi 2,5 meter tersebut menghabiskan sebanyak lima kilogram bulu ayam asli. Bahan rangka gunungan ini menghabiskan enam bambu dan dibutuhkan ketelatenan dan kecermatan dalam memasangan bulu-bulu agar menyerupai ayam buras yang sebenarnya. Warga Trimulyo I selama ini memang banyak yang memelihara ayam sebagai salah satu pendapatan tambahan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Itulah alasan tahun ini kami harus menampilkan gunungan ayam buras. Banyak warga di dusun kami memelihara ayam buras untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya untuk penambahan tambahan pendapatan keluarga,” kata Waris ditemui Harian Jogja, Senin (18/7).

Dusun dengan jumlah penduduk sekitar 750 jiwa yang dipimpin Kadus Suradi itu pada kirab budaya tahun lalu menampilkan gunungan hasil bumi dan minatur balai dusun. Tahun ini akan dilengkapi dengan partisipasi tari jaranan pelajar siswa SMAN 1 Wonosari, drumband SD Wonosari Baru hingga barisan peleton inti dari SMPN 2 Wonosari.

“Khusus untuk gunungan ayam buras ini akan diarak bregodo perangkat dusun disusul seni gejok lesung, jatilan dan potensi seni yang dimiliki yakni kethoprak,” imbuh Ramiyo penggerak Dusun Trimulyo I di sela-sela menggelar latihan kirab.

Kirab Budaya di Desa Kepek akan digelar 23 Juli mendatang dalam rangka bersih desa. Akan tampil 10 padukuhan dengan ragam penampilan kirab serta 10 jenis gunungan yang akan memperebutkan trofi Pemerintah Desa dan Harian Jogja bagi dusun terbaik, serta trofi Immawan Wahyudi untuk kategori gunungan terbaik.(Harian Jogja/Endro Guntoro)

Foto (Harian Jogja/Endro Guntoro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya