SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Hari Minggu (3/7) pagi, Gunung Soputan yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara telah memasuki periode erupsi, dan mengeluarkan semburan material pijar. Semburan material pijar yang dikeluarkan oleh gunung setinggi 1.784 m diatas permukaan laut ini berupa material-material vulkanik dari dalam perut gunung dan juga awan panas yang sangat berbahaya.

“Hari ini pukul 06.03 WITA, telah terjadi sebuah letusan setinggi 6.000 meter yang disertai awan panas yang mengarah ke sisi barat Gunung Soputan,” ujar staf khusus Presiden bidang penanggulangan bencana, Andi Arief, dalam siaran persnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) pada Jumat (2/7) telah menaikkan status Gunung Soputan dari Waspada menjadi Siaga.

Pada periode erupsi 2008 lalu, semburan material pijar yang dikeluarkan oleh Gunung Soputan berupa awan panas yang mencapai jarak 6,5 km dari puncak. Kegiatan vulkanis ini menyebabkan kebakaran hutan di sekitar lereng Gunung Soputan.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya