SOLOPOS.COM - Pembagian masker (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Pembagian masker (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Kanalsemarang.com, BANYUMAS—Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Banyumas, Jawa Tengah, membagikan sekitar 2.000 masker kepada warga lereng selatan Gunung Slamet, khususnya Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kabupaten Banyumas, Sabtu (20/9/2014).

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Selain untuk warga, masker-masker itu juga dibagikan kepada para siswa Sekolah Dasar Kecil Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Banyumas.

Ketua PWI Perwakilan Banyumas Sigit Oediarto mengatakan bahwa 2.000 masker yang dibagikan itu merupakan wujud kepedulian wartawan kepada warga yang terkena hujan abu pasca-erupsi Gunung Slamet.

“Kami berikan masker ini untuk melengkapi kekurangan bantuan yang sudah ada,” katanya seperti dikutip Antara.

Salah seorang warga Dusun Kalipagu, Sarkim mengatakan bahwa belum semua warga dusun itu yang kebagian masker bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Oleh karena itu, kata dia, belum semua warga menggunakan masker meskipun abu atau debu vulkanik Gunung Slamet banyak beterbangan.

“Dusun ini cukup dekat dengan puncak Gunung Slamet, sehingga masker itu sangat kami butuhkan,” katanya Kepala SD Kecil Kalipagu Tugas Sutrisno mengatakan bahwa jarak Dusun Kalipagu dengan puncak Gunung Slamet sekitar enam kilometer.

Menurut dia, dampak hujan abu yang terjadi pasca-erupsi pada hari Rabu (17/9) sangat dirasakan warga khususnya anak-anak.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan masker ini,” katanya.

Sementara dalam siaran persnya yang diterima Antara, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan bahwa Gunung Slamet masih berstatus “Siaga” sehingga masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak.

“Masyarakat di luar radius empat kilometer itu agar tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya