SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Tim “Rescue” Badan “Search and Rescue” Nasional (Basarnas) Kantor SAR Semarang yang disiagakan di Desa Gambuhan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, turut memantau perkembangan aktivitas Gunung Slamet.

Kepala Kantor SAR Semarang Agus Haryono mengatakan bahwa sejak meningkatnya aktivitas Gunung Slamet, pihaknya memberangkatkan personel Pos SAR Cilacap untuk siaga mobil di lima Kabupaten yang terdampak, yakni Banyumas, Purbalingga, Tegal, Brebes, dan Pemalang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah potensi SAR di daerah yang paling terdampak.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono menyatakan aktivitas Gunung Slamet yang berbatasan dengan lima kabupaten di Jateng itu cenderung menurun.

Mbah Rono, sapaan akrab Surono mengharapkan aktivitas Gunung Slamet semakin menurun sehingga gunung tertinggi di Jateng itu dapat kembali “tidur”.

Meski demikian, Mbah Rono mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak Gunung Slamet karena aktivitas gunung tersebut masih “fluktuatif”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya