SOLOPOS.COM - Gunung Slamet (Dok/JIBI/Antara)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – Wilayah sebelah barat dan utara Gunung Slamet, Jawa Tengah, terancam aliran lahar hujan karena adanya tumpukan material yang dapat masuk ke hulu Sungai Comal di Pemalang dan Sungai Gong di Tegal.

“Kami bersama PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) Badan Geologi sedang mengevaluasi kondisi Gunung Slamet,” kata Koordinator Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Sudrajat seperti dikutip Antara, Senin (18/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, salah satu yang menjadi perhatian berupa potensi bencana lahar hujan karena lontaran material Gunung Slamet yang menumpuk di puncak.

Padahal, kata dia, ada dua sungai yang berhulu di sekitar puncak Gunung Slamet, yakni Sungai Gong di Kabupaten Tegal, dan Sungai Comal di Kabupaten Pemalang.

Kendati demikian, dia mengatakan hingga saat ini belum mendapatkan data mengenai volume material yang dilontarkan Gunung Slamet.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan lima pemerintah kabupaten di sekitar Gunung Slamet, yakni Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes untuk melakukan berbagai macam antisipasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya