SOLOPOS.COM - FOTO SINABUNG MELETUS : Gunung Sinabung Kembali Meletus beberapa waktu lalu (Dok/JIBI/Antara)

Solopos.com, KARO — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan bahwa Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali meletus pada Rabu pukul 13.43 WIB.

“PVMBG Badan Geologi melaporkan bahwa letusan disertai dengan awan panas guguran sejauh 2 km dari puncak yang mengarah ke arah tenggara,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan singkat, yang diterima di Jakarta, Rabu (24/9/2014) siang, dikutip Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan, lama erupsi Gunung Sinabung sekitar 907 detik. “Secara visual tidak terlihat karena tertutup oleh awan. Dari pukul 06.00 WIB – 12.00 WIB terjadi 44 kali gempa frekuensi rendah, 11 kali gempa hybrid, tremor menerus, dan 32 kali gempa guguran,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Status gunung saat ini masih Siaga (level III). “Aktivitas kegempaan masih terus tinggi, pembentukan dan guguran kubah lava masih berpotensi tinggi,” katanya. Meski demikian, erupsi yang baru saja terjadi tidak menambah jumlah pengungsi yang ada.

“Saat ini masih ada pengungsi 4.729 jiwa (1.440 KK) yang tersebar di 17 titik pengungsian. Sebanyak 17.506 jiwa (5.020 KK) dari 21 desa telah dipulangkan ke rumahnya hingga saat ini,” katanya.

Sedangkan pengungsi yang tinggal di hunian sementara sebanyak 6.179 jiwa (2.053 KK). Pengungsi ini disewakan rumah dan lahan untuk pertanian oleh pemerintah. Dia menambahkan tiga desa yang warganya harus direlokasi yaitu Desa Sukameriah, Desa Bekerah, dan Desa Simacem masih dalam proses penyiapan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya