SOLOPOS.COM - Warga mengendarai sepeda motor menjauhi Gunung Sinabung yang berstatus Awas sejak Selasa (2/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irsan Mulyadi)

Gunung Sinabung meletus mengeluarkan awan panas sejauh empat kilometer.

Solopos.com, JAKARTA – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengeluarkan terjadi erupsi Gunung Sinabung dengan disertai awan panas yang keluar sejauh empat kilometer dari pusat letusan pada Selasa (15/9/2015) pekan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pada Selasa pekan lalu pukul 08.20, terjadi awan panas guguran sejauh 4.000 meter ke Timur-Tenggara, tinggi kolom abu vulkanik 3.000 meter.

“Hujan abu cukup tebal di Brastagi, Kabanjahe dan sekitarnya. Letusan ini adalah yang terbesar dalam seminggu terakhir,” kata Sutopo dalam siaran persnya pekan lalu.

Terkait hal itu, di Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/9/2015) siang akan memimpin langsung rapat terbatas (Ratas) mengenai tindak lanjut penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung.

Sejak Selasa pagi, kata Sutopo, erupsi Sinabung terjadi secara berangsur-angsur. Ia menyebutkan, erupsi mulai terjadi pada pukul 05.25 WIB disertai awan panas guguran sejauh tiga ribu meter ke sektor Timur-Tenggara dan tinggi kolom abu erupsi 2.500 meter. Pada waktu yang sama arah angin sedang ke timur.

Kemudian pukul 05.36 WIB terjadi awan panas guguran sejauh tiga ribu meter ke sektor timur-tenggara dan tinggi kolom abu erupsi dua ribu meter. Selanjutnya pukul 08.20 WIB, terjadi awan panas guguran sejauh 4.000 meter ke timur-tenggara dan tinggi kolom abu vulkanik 3.000 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya