SOLOPOS.COM - Sukarelawan menjajakan menu swike ayam saat kegiatan amal Buka Bersama Peduli Sinabung, di Alun-alun Kabupaten Boyolali, Rabu (8/7/2015) sore. (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Gunung Sinabung meletus sehingga memantik kepedulian dari sukarelawan di Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI – Sukarelawan yang tergabung dan komunitas #kawansinabung menjajakan menu buka bersama di Alun-alun Boyolali untuk menggalang dana bagi korban letusan Gunung Sinabung, Rabu (8/7/2015) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan , sekitar 400 mangkuk berisi nasi dan menu swike ayam tertata di sebuah meja lebar yang ditempatkan di tepi alun-alun. Di sampingnya, ada ratusan gelas kecil berisi teh hangat.

Ekspedisi Mudik 2024

Menu itu disiapkan oleh sejumlah kelompok sukarelawan seperti Sahabat Katara, Resopala, Kusuma Bangsa, Ungaran Peduli, Barameru Merapi, dan lain-lain.

Warga yang ingin mengikuti buka bersama kelompok sukarelawan itu tinggal membayar seikhlasnya. Ini sesuai tema, Buka Bersama Peduli Sinabung, Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya.

Salah seorang warga, Yanti, 38, awalnya tidak tahu jika stan yang berdiri tepat di depan Alun-alun itu adalah stan amal.

“Sebelumnya kan tidak ada pedagang swike di sekitar alun-alun. Ya, memang mau beli, katanya suruh bayar seikhlasnya,” kata Yanti, yang tak bersedia menyebutkan berapa uang yang dia bayar untuk menu swike yang dibeli.

Selain menjajakan menu buka bersama, beberapa anggota sukarelawan juga mengamen di seputaran alun-alun. Tidak sekadar mengamen, mereka juga membagikan stiker bergambar bencana Sinabung, Sumatra Utara.

“Penggalangan dana untuk Sinabung ini sebenarnya hanya misi sampingan. Misi utama kami adalah menghidupkan kembali budaya gugur gunung atau gotong royong,” kata Koordinator #kawansinabung Boyolali, Bakat Setiawan atau akrab di sapa Lahar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya