Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

 Tangkapan layar dari video Gunung Semeru erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021). (Suara.com)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar dari video Gunung Semeru erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021). (Suara.com)

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

PromosiMelihat Potensi Medical Tourism di Jawa Tengah

Warga berhamburan menyelamatkan diri dari awan panas Gunung Semeru. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Polisi Gatot Rapli Handoko, membenarkan video yang ramai di media sosial tentang warga yang berlarian akibat dampak erupsi Gunung Semeru.

“Iya benar. Kondisi Gunung Semeru seperti yang ada di dalam video di media sosial,” tuturnya seperti dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga : Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gatot menyampaikan informasi berdasarkan laporan yang dia terima. Kejadian tersebut pukul 14.49 WIB.

Gatot menuturkan Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir pukul 14.47 WIB dan diduga mengarah ke Curah Kobokan.

“Pukul 14.54 WIB, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya Awan Panas Guguran [APG] yang turun mengarah Curah Kobokan,” katanya.

Gatot menegaskan situasi di kawasan Curah Kobokan hujan deras saat ini. Sebagai informasi, beredar video di media sosial memperlihatkan sejumlah warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri akibat erupsi Gunung Semeru. Pada video yang lainnya juga tampak banjir lahar.

Baca Juga : Ratakan Tanah, Warga Ponorogo Malah Temukan Proyektil Amunisi

Di sisi lain, masih dilansir dari Liputan6.com, sumber Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur melaporkan Semeru mengeluarkan awan panas.

Awan panas diduga turun mengarah ke Curah Kobokan. Warga diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

Namun, belum ada laporan korban jiwa atas peristiwa ini. Dampak kerugian material pun masih dalam pendataan saat ini. Tim reaksi cepat BPBD Jatim dan TRC PB BPBD Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan mengevakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

Baca Juga : Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Pantauan Solopos.com pada akun @lumajangsatu, sudah mengunggah aktivitas di sekitar Gunung Semeru sejak satu jam lalu. Diawali dari unggahan tentang gumpalan asap di aliran lahar Curah Kobokan Semeru.

“Ada gumpalan asap di aliran lahar Curah Kobokan Semeru terekam warga di kaki Gunung Tertinggi Pulau Jawa. BPBD himbau warga tak beraktivitas di aliran Semeru,” tulis akun @lumajangsatu.

Kemudian akun @lumajangsatu mengunggah video tentang Semeru memuntahkan awan panas. “Semeru memuntahkan awan panas. Video rekaman warga berlarian. Ya Allah lindungi warga Lumajang,” unggahnya.

Baca Juga : Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Video berikutnya, memperlihatkan suasana jalan diduga Supiturang, Lumajang. Pada video tersebut tampak warga memadati jalan dengan mengendarai motor maupun mobil. Mereka membunyikan klakson.

“Warga mulai panik untuk mengungsi, semoga masih dalam lindungan-Nya, Sabtu (4/12/2021),” tulis akun @lumajangsatu.

Video terakhir yang diunggah akun @lumajangsatu sekitar 24 menit lalu memperlihatkan rekaman diduga awan panas dari Gunung Semeru. Video memperlihatkan awan panas dari jarak cukup dekat.

“Detik-detik awan panas letusan Gunung Semeru direkam warga,” tulis akun tersebut.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Destinasi Wisata Kayutangan di Malang Dibersihkan

Pemkot Malang menerjunkan ratusan personel kebersihan untuk membersihkan destinasi wisata koridor Kayutangan.

Pria Lansia Meninggal saat Mancing di Sungai Ponorogo

Seorang pria lanjut usia atau lansia ditemukan tak bernyawa saat mancing di Sungai Buntung, Kabupaten Kulonprogo.

Karakter Ekonomi Madiun Raya Lebih Tangguh Lawan Pandemi Covid-19

Pertumbuhan ekonomi wilayah Madiun Raya selama pandemi Covid-19 dikupas tuntas dalam acara Jagongan Madiun Raya yang digelar Solopos Media Group.

Bejat! Pura-Pura Ajak Meditasi, Guru Tari di Malang Cabuli 10 Anak

Seorang guru tari di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kekerasan seksual atau pencabulan terhadap 10 anak di bawah umur.

Pengakuan Sopir Truk Kontainer Pelaku Tabrak Lari di Tol Madiun

Sopir truk kontainer, pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun yang menewaskan dua orang memberikan pengakuan yang mengejutkan.

Ini Ganjaran Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan 2 Orang di Tol Madiun

Sopir truk kontainer pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun terancam pidana penjara sembilan tahun dan dicabut SIM-nya.

Kuliner Lethok, Berawal dari Inisiatif Warga Ngawi pada Masa Penjajahan

Kuliner lethok bermula dari kreativitas warga Ngawi yang memadukan babat sapi dengan tempe pada masa penjajahan.

Sopir Truk Kontainer Tabrak Lari 2 Orang di Tol Madiun Jadi Tersangka

Polres Madiun menetapkan sopir truk kontainer, Sukiman, 51, sebagai tersangka kasus tabrak lari di Jalan Tol Madiun-Surabaya Km 622.180 A, tepatnya di Saradan, Madiun, Jawa Timur, Selasa (25/1/2022).

Wow! 1.025 Bonsai Dipamerkan di Festival Bonsai Pujasera Madiun

Sebanyak 1.025 bonsai berbagai ukuran dipamerkan pada Festival Bonsai di Lapangan Pujasera, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur mulai Sabtu hingga Kamis (22-27/1/2022).

Gubernur Ganjar Ngobrol Bareng Wali Kota Madiun, Kira-Kira Bahas Apa?

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, blak-blakan menyampaikan ketertarikan terhadap program pengembangan UMKM di Madiun saat ngobrol bareng Wali Kota Madiun, Maidi.

Harga Minyak Goreng di Pasar Madiun Belum Rp14.000, Ini Alasan Pedagang

Pedagang minyak goreng di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Madiun masih enggan menjual minyak goreng satu harga sesuai ketetapan pemerintah, Rp14.000 per liter.

Penasaran? Kira-Kira Ada Apa di Alun-Alun Ngawi Terbesar se-Jawa Timur

Alun-alun Ngawi yang menjadi alun-alun terbesar se-Jawa Timur memiliki sejumlah daya tarik sehingga menjadi destinasi favorit pelancong.

Misteri Alas Ketonggo Srigati Ngawi yang Pernah Disinggahi Brawijaya V

Objek wisata Alas Ketonggo Srigati di Kabupaten Ngawi menyimpan kisah misteri yang berkaitan dengan Prabu Brawijaya V.

Tewaskan 2 Orang, Pelaku Tabrak Lari di Tol Madiun Ditangkap

Pelaku tabrak lari di jalan Tol Madiun-Surabaya, Kabupaten Madiun, yang menewaskan dua orang akhirnya ditangkap aparat kepolisian.

Enak Pol! Lethok Mbah Sumini, Kuliner Ngawi yang Mirip Sambal Tumpang

Lethok merupakan salah satu kuliner khas Ngawi yang memiliki kemiripan dengan sambal tumpang.