Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Km
Gunung Semeru terlihat dari Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, Jember, Jawa Timur, Jumat (17/1/2020) sore. (Antara-Seno)

Solopos.com, LUMAJANG -- Gunung Semeru di Jawa Timur pagi ini kembali mengeluarkan awan panas guguran yang meluncur hingga 2,5 kilometer ke arah tenggara.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 2 Desember 2020 pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran satu kali, guguran 11 kali dan tremor harmonik 2 kali.

"Dari data Pos PGA Semeru terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah tenggara. Status Gunung Semeru masih waspada, level II," ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, kepada detikcom, Rabu (2/12/2020).

Jadi Lokasi Karantina, Ternyata Pernah Ada Sosok Buto Ijo di Benteng Vastenburg Solo

Dia menjelaskan luncuran awan panas tersebut masih jauh dari permukiman warga. Status Gunung Semeru masih waspada atau berada di level II. Secara visual Gunung Semeru tertutup kabut.

Jalur Luncuran Awan Panas

Namun demikikan, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer. Lalu sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan jalur luncuran awan panas.

"Jadi BPBD mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan menjaga kewaspadaan serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara," pungkas Wawan.

Jadwal Lengkap Film Bioskop XXI, Pecinta Film Horor Merapat!

Sebelumnya pada Selasa (1/12/2020) sekitar pukul 03.10 WIB, Gunung Semeru meletus. Ada tujuh letusan yang terjadi hingga membuat ratusan warga kaki Gunung Semeru mengungsi.



Berita Terkini Lainnya








Kolom