Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

 Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).  (Antara)

SOLOPOS.COM - Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (Antara)

Solopos.com, SOLO-Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, erupsi pada Sabtu (4/12/2021), tagar pray for Lumajang jadi trending topic di Twitter. Hingga berita ini diunggah pada Minggu (5/12/2021) pukul 19.00 WIB sudah ada 22,3 ribu tweet menggunakan tagar ini.

Promosi"Nobel Vietnam" untuk Terobosan Sains dan Teknologi bagi Kemanusiaan

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah gunung meletus dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter. Bukan hanya itu, tak sedikit warganet mengunggah sejumlah aksi sosial yang dilakukan untuk membantu warga terdampak letusan Gunung Semeru tersebut.

Sejumlah institusi pemerintah juga ikut menggunakan tagar pray for Lumajang. Salah satunya adalah Polres Trenggalek. “Dalam rangka penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang saat ini Polri menggelar Ops Aman Nusa II. Ini merupakan bentuk komitmen Polri selalu berada di garis terdepan dan responsif dalam membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam #PrayForLumajang,” tulis Polres Trenggalek melalui akun @1trenggalek seperti dikutip pada Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

“Cepat pulih, cepat indah kembali Semeru,” tulis @lleo*** seraya menyertakan tagar #semeruerupsi dan #prayforsemeru.

“Cepat sembuh Lumajang #PrayForLumajang,” tulis @mhuny_***.

“Dulu sempat bingung gimana caranya bangunan2 setinggi candi bisa tertimbun tanah, gimana caranya juga sebuah pemukiman/peradaban  bisa lenyap, setelah melihat gambar ini jadi sangat paham #prayforlumajang,” tulis akun @robi*** seraya menyertakan rumah-rumah warga yang tertimbun abu vulkanik akibat aktivitas Gunung Semeru.

“Doa terbaik untuk semua korban terdampak erupsi Semeru. Semoga semua baik2 saja #prayforlumajang,” tulis @1pria_be***.

“Semoga saudara-saudara kita di sana tabah dengan musibah ini. Kami semua mendoakan kalian #prayforlumajang,” tulis @together***.

Baca Juga: Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

“Doa terbaik untuk saudara2 di daerah Gunung Semeru dan sekitarnya. Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat senantiasa. Kita berdoa bersama, kita bangkit bersama #prayforlumajang,” tulis @midu***.

“Mari kita doakan semoga masyarakat selamat dari dampak bencana Gunung Semeru #prayforlumajang,” tulis @007kote***.

“Semoga masyarakat di kawasan lereng Gunung Semeru dan sekitarnya diberikan keselamatan #prayforlumajang,” tulis @mas_di***.

Mengutip laman Antara, Minggu (5/12/2021), berdasarkan pemantauan Badan Geologi, aktivitas vulkanik Gunung Semeru pada 1 dan 4 Desember 2021 merupakan aktivitas permukaan (erupsi sekunder) dan hasil analisis data kegempaan tidak menunjukkan adanya kenaikan jumlah dan jenis gempa yang berasosiasi dengan suplai magma atau batuan segar ke permukaan.  Pada 1 Desember 2021 terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 1.700 meter dari puncak atau 700 meter dari ujung aliran lava dengan arah luncuran ke tenggara.

Baca Juga: Keindahan Gunung Semeru Diabadikan Dewa 19 Lewat Lagu Mahameru

Setelah kejadian awan panas guguran terjadi guguran lava dengan jarak dan arah luncur tidak teramati.  Pada 4 Desember 2021 mulai pukul 13.30 WIB terekam getaran banjir, kemudian pada pukul 14.50 WIB teramati awan panas guguran dengan jarak luncur empat kilometer dari puncak atau dua kilometer dari ujung aliran lava ke arah tenggara (Besuk Kobokan).

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Viral! Video Aktor Steven Seagal Cium Mandau, Ini Respons Netizen

Aktor senior asal Amerika Serikat Steven Frederic Seagal baru-baru ini menjadi perhatian netizen Indonesia setelah mengunjungi Suku Dayak di Kalimantan dan mencium senjata mandau.

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?

Demam di Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Keluhan seperti demam dan tidak enak badan sering kali terdengar di musim hujan dan banjir.

Viral! Aksi Heroik Sejumlah Santri Gagalkan Pencurian Motor

Viral video aksi heroik sejumlah santri yang berhasil mengagalkan pencurian motor di tempat parkir Jalan Raya Pasar Nongkojajar, Mesagi, Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Video Ridho DA Suruh Istri Makan Bekas Jilatan, Netizen: Jorok!

Video viral Ridho DA yang meminta istrinya untuk memakan jajanan yang habis ia jilat mendapatkan kritikan netizen.

Fakta-Fakta Varian BA.2, Virus Baru yang Disebut Son of Omicron

Meskipun informasi mengenai varian BA.2 masih sedikit, berikut fakta-faktanya yang perlu Anda ketahui.