SOLOPOS.COM - Gunung Semeru di Jawa Timur mengeluarkan awan panas (istimewa/dok BNPB/detik).

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Peristiwa itu pun membuat wilayah yang ada di sekitar Gunung Semeru, Lumajang, menjadi gelap gulita.

Dikutip Okezone.com, Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal. Akibat erupsi Gunung Semeru itu pun dua kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang menjadi gelap gulita.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Suasana gelap gulita itu pun turut dibagikan akun @Yoeni2909 di media sosial Twitter. Dalam video itu disebutkan situasi di sekitar wilayah Gunung Semeru gelap gulita seperti malam, meski masih pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

“Info kepada warga Kabupaten Malang khususnya, Semeru jam 4 sore seperti malam. Mohon perhatian untuk kepala desa Kabupaten Malang waspada,” ujar seorang pria dalam video itu.

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan erupsi, Sabtu sore, sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung api tertinggi di Jatim itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar.

Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh menghindar asap pekat. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu mengeluarkan hujan abu vulkanik di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dikutip dari Liputan6.com, peningkatan aktivitas berapi Gunung Semeru itu mengeluarkan awan panas guguran ke arah Curah Kobokan. Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Budi Santoso, pun mengimbau warga yang tinggal di sekitaran sungai yang dialiri lahar Gunung Semeru untuk menjauh.

Baca juga: Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

“Kita sudah koordinasi dengan BPBD setempat untuk upaya evakuasi warga,” ujarnya.

Situasi di sekitar Gunung Semeru saat ini tengah hujan deras. “Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa,” imbuh Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya