SOLOPOS.COM - Gunung Raung yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Cermee, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (12/7/2015). Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember itu terus menunjukkan aktivitas vulkaniknya dan menyebabkan hujan abu tipis di sejumlah wilayah. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Gunung Raung meletus berdampak pada aktivitas penerbangan sehingga PT KAI menambah kereta Surabaya Solo.

Solopos.com, SOLO — Erupsi Gunung Raung berdampak pada operasional moda transportasi khususnya pesawat terbang. Bahkan sejumlah bandara di Jawa Timur terpaksa ditutup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menghindari lonjakan penumpang angkutan darat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan rangkaian kereta luar biasa (KLB) rute Solo-Surabaya (Stasiun Pasar Turi) mulai Sabtu-Rabu (18-22/7/2015).

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan pengoperasian KLB tersebut berdasarkan instruksi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Penambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang karena beberapa bandara ditutup akibat erupsi Gunung Raung. Tarif tiket KLB eksekutif ini adalah Rp210.000,” ujarnya saat dihubungi solopos.com, Senin (20/7/2015).

Sebelum tiba di Stasiun Solo Balapan, KLB yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi tersebut akan singgah terlebih dahulu di Stasiun Gubeng.

Sementara, hingga Senin, animo masyarakat memanfaatkan KLB belum begitu tinggi. Baru ada sekitar 92 penumpang yang melakukan pemesanan tiket dengan kereta tersebut.

“Nanti akan kami evaluasi kembali jika memang memungkinkan bisa diperpanjang. Apalagi, jika sampai penutupan jadwal penerbangan ini diperpanjang akan meningkatkan volume penumpang juga,” paparnya.

Sementara, puncak arus balik penumpang yang menggunakan jasa transportasi KA diprediksi terjadi pada Minggu. Tercatat, jumlah penumpang KA di wilayah Daops VI Yogyakarta pada hari tersebut mencapai 31.413 orang.

Jadwal Operasional KLB Relasi Solo-Surabaya

 

Stasiun

Jadwal Kedatangan

Jadwal Keberangkatan

Stasiun Solo Balapan 13.05 WIB
Stasiun Gubeng 16.54 WIB 17.06 WIB
Stasiun Pasar Turi 17.17 WIB
     

Relasi Surabaya-Solo

Stasiun

Jadwal Kedatangan

Jadwal Keberangkatan

Stasiun Pasar Turi 07.40 WIB
Stasiun Gubeng 07.51 WIB 08.05 WIB
Stasiun Solo Balapan 12.20 WIB
     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya