SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat ATR 72-500/600 milik maskapai Wings Air (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Letusan Gunung Raung mengakibatkan penerbangan maskapai Wings Air batal.

Madiunpos.com, MALANG – Penerbangan maskapai Wings Air dari Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, ke Denpasar hari ini, Sabtu (11/7/2015), dibatalkan. Pembatalan penerbangan ini akibat terdampak letusan Gunung Raung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Station Manager PT Wings Abadi Malang, Sindu Yudhistiro, mengatakan ada 56 penumpang dari Malang tujuan Denpasar dan 38 penumpang dari Denpasar tujuan Malang yang batal berangkat hari ini.

“Abu erupsi Gunung Raung bisa masuk ke pesawat sehingga membahayakan penerbangan,” katanya, Jumat (10/7/2015), seperti dikutip Madiun Pos dari Okezone.com.

Pembatalan penerbangan, kata Sindu, belum diketahui sampai kapan. Pihaknya menunggu pemberitahuan kembali dari otoritas penerbangan di Denpasar.

Ia mengaku akan mengembalikan uang tiket secara penuh karena pembatalan ini dan dilakukan dengan cara ditransfer ke rekening calon penumpang.

“Pengembalian uang tiket dilakukan dua pekan setelah proses pembatalan, tidak ada potongan karena ini musibah,” ujarnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui rilisnya menyampaikan, sebaran abu vulkanik ke timur-tenggara dari kawah Gunung Raung telah menyebabkan lima bandara ditutup.

“Berdasarkan berdasarkan Notice to Airmen (Notam) yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan maka lima bandara yang ditutup yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Bandara Internasional Lombok; Bandara Selaparang, Lombok, Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro, Jember.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai mengalami penutupan mulai tanggal 10-7-2015 jam 09.25 WITA sampai dengan jam 21.30 WITA. Notam penutupan bandara akan terus diperbaharui menyesuaikan perkembangan penyebaran debu vulkanik dari Gunung Raung,” kata Sutopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya