SOLOPOS.COM - Sebuah pesawat terbang bersiap mendarat di Bandara Juanda Surabaya beberapa waktu lalu. (JIBI/Bisnis/Wahyu Darmawan)

Gunung Raung meletus menyebabkan Bandara Juanda ditutup. Inilah dampaknya…

Madiunpos.com, SURABAYA – Terdapat total 114 jadwal kedatangan dan 100 jadwal keberangkatan pesawat yang terganggu, menyusul ditutupnya Bandar Udara Internasional Juanda akibat Gunung Raung meletus. Inilah daftar lengkap penerbangan yang terdampak peutupan itu hingga Kamis (   16/7/2015) pukul 20.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) Farid Nugraha mengonfirmasi jumlah penerbangan terdampak penutupan bandara akibat Gunung Raung meletus itu pada Terminal 1 Juanda untuk jadwal kedatangan adalah 79 jadwal, sedangkan keberangkatan ada 62 jadwal. Sementara itu, di Terminal 2 Juanda, terdapat 35 jadwal kedatangan yang terdampak dan 38 jadwal keberangkatan yang terganggu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Perinciannya, di Terminal 1, maskapai yang terdampak antara lain Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Kalstar Aviation, Airfast, Nam Air, dan Trigana Air,” ungkapnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Surabaya, Kamis (16/7/2015).

Sementara itu, di Terminal 2 untuk rute domestik yang terganggu akibat penutupan sementara Bandara Juanda a.l. maskapai AirAsia dan Garuda Indonesia. Adapun, rute internasional yang terganggu adalah dari maskapai AirAsia, Cathay Pacific, Eva Air, dan Silk Air.

Notam Kementerian Perhubungan
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, operasional Bandara Juanda resmi dihentikan Kamis sejak 12.30 WIB-20.30 WIB, menyusul baru saja diterbitkannya notice to airmen (notam) dari Kementerian Perhubungan, Kamis siang.

Penutupan Bandara Juanda dipicu penyebaran debu vulkanis dari Gunung Raung meletus yang mengganggu landasan pacu dan berpotensi membahayakan penerbangan. Penghentian operasional akan berlanjut sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Daftar Penerbangan Terdampak Penutupan Bandara Juanda, 16 Juli 2015:

TERMINAL 1

Maskapai Kedatangan Keberangkatan
Citilink 19 13
Sriwijaya Air 10 8
Lion Air 33 28
Batik Air 7 6
Wings Air 5 4
Kalstar Av. 1 1
Airfast 2 2
Nam Air 1 0
Trigana Air 1 0
Total 79 62

TERMINAL 2 DOMESTIK:

Maskapai Kedatangan Keberangkatan
AirAsia 3 2
Garuda 22
Total 25 24

RUTE INTERNASIONAL

Maskapai Kedatangan Keberangkatan
AirAsia 2 5
Cathay Pac. 1 0
Eva Air 1 1
Silk Air 1 1
Total 5 7

Sumber: PT AP I Juanda, 2015

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya