SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Antara)

Gunung raung Banyuwangi mengeluarkan suara gemuruh dan dentuman cukup keras, pertanda apakah? 

Madiunpos.com, BANYUWANGI – Gunung Raung dilaporkan kembali mengeluarkan sinar api disertai suara gemuruh dan dentuman keras sebanyak dua kali. Sinar api yang berasal dari dalam kaldera itu mulai terlihat sejak Minggu (28/6/2015) pukul 18.00 WIB hingga dini hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hari minggu kemarin terdengar dentuman dua kali dan semalam ada suara gemuruh. Terpantau ada sinar api bukan percikan api di kaldera sekitar pukul 18.00 WIB hingga dini hari tadi,” ungkap Kepala Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung, Balok Suryadi, Senin (29/6/2015).

Gunung Raung berketinggian sekitar 3.332 meter terletak di perbatasan Bondowoso, Banyuwangi itu mengalami kenaikan aktivitas seismic tremor menenus dengan amplitude dominan mencapai 17-20 mm. Selain itu dari pantauan PPGA Raung, sambung Balok, juga sempat mengeluarkan hembusan abu vulkanik dan hujan abu tipis.

“Tampak hembusan abu vulkanik membumbung 200- 300. Hujan abu tipis mengarah ke utara (Sumber Ringin, Bondowoso) dan ke arah barat (Sumber Jambe, Ledokombo, Kabupaten Jember),” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya