SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Gunung Raung Banyuwangi menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.

Madiunpos.com, SURABAYA – Status Gunung Raung di Jawa Timur meningkat menjadi Siaga. Jika mengamati gunung api ini dari angkasa, terlihat kawah yang menyerupai mangkuk raksasa.
Ukuran dinding kawah gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi ini lumayan besar.
“Diameter mangkuk itu dua kilometer dan kedalaman 500 meter. Ukuran mangkuk gunung api rata-rata berdiameter 2 kilometer,” kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Swastika, Senin (29/6/2015).
Mangkuk gunung yang ketinggian puncaknya 3.332 meter dpl ini, kata Gede, seolah menjadi tameng material vulkanis bila terjadi letusan.
“Kalau letusan kecil masih di dalam, belum ada impact ke warga,” katanya.
Menurut Gede, penerapan status Siaga ini karena telah terjadi peningkatan aktivitas letusan abu dan lontaran material pijar di kawah puncak. Juga ada amplituda tremor meningkat terus secara signifikan sampai hari ini pukul 06.00 WIB dengan amplituda rata-rata 21 mm.
PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Raung dan wisatawan maupun pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 3 KM.
“Masyarakat di sekitar Raung tetap tenang, tidak mendengarkan isu-isu tentang letusan Gunung Raung,” kata Gede.
PVMBG, kata Gede, selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember (BPBD Kabupaten) terkait aktivitas Gunung Raung.
Ancaman erupsi berupa material vulkanik yang sebaran materialnya berupa aliran lava, hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar) di sekitar kawah dalam radius 3 km dari pusat erupsi. Sedangkan wilayah di luar 3 km dari pusat erupsi merupakan kawasan yang berpotensi terlanda hujan abu, bergantung arah dan kekuatan angin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya