Gunung Prau, Spot Golden Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2565 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini secara administratif berada di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Batang dan Temanggung.

 Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo (Instagram/@
basecamp_prau_dieng)

SOLOPOS.COM - Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo (Instagram/@ basecamp_prau_dieng)

Solopos.com, WONOSOBO – Provinsi Jawa Tengah memiliki sederet wisata panorama matahari terbit atau sunrise yang sangat indah dan menawarkan pesona yang berbeda-beda, salah satunya adalah Gunung Prau. Berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Gunung Prau diklaim memiliki pesona Golden Sunrise yang terbaik.

Dilansir dari Jatengprov.go.id, Rabu (11/5/2022), Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2565 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini secara administratif membentang di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Batang dan Temanggung. Ada enam basecamp resmi untuk melakukan pendakian ke Gunung prau, yaitu Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, Wates, dan Igirmranak.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Namun, dari sejumlah basecamp tersebut, jalur pendakian via Patakbanteng yang menjadi paling favorit. Pasalnya, rute pendakian tersebut lebih singkat dari pada jalur lain dan selain itu, jalur Patakbanteng lebih dekat dengan puncak Gunung Prau.

Untuk mendaki Gunung Prau via jalur Patakbanteng, pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam pendakian. Jarak yang ditempuh lumayan pendek, yaitu sekitar empat kilometer. Bila lewat jalur lain, bisa lebiuh dari tiga hingga empat jam karena jalurnya memutar.

Lokasi basecamp in berada di Jalan Dieng, Desa Parak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Lokasinya tidak begitu jauh dari gapura “Selamat Datang Dieng Plateau”. Fasilitas yang ada di basecamp ini terbilang lengkap dan sangat memenuhi kenyamanan pendakian.

Mulai dari tempat penginapan, penyewaan peralatan outdoor, warung makan, pusat oleh-oleh hingga mini market juga tersedia. Bahkan, toilet dan kamar mandi yang ada juga menyediakan fasilitas pemanas air alias water heater.

Baca Juga: Keren! Tiga Tradisi di Jepara Ini Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Sebelum mendaki, pendaki harus membayar tiket pendakian sebesar Rp15.000 per orang. Dari harga tiket tersebut, para pendaki akan mendapatkan selembar peta sebagai pemandu jalur serta selembar kantung sampah.

Selain itu, ada beberapa larangan yang harus dihindari oleh pendaki, di antaranya membuang sampah sembarangan, masuk tanpa izin, membuat api unggun, tidak membawa sampah turun hingga menebang pohon. Bila dilanggar, pendaki akan diberi sanksi berupa penanaman pohon di puncak.

Ada sekitar empat pos yang harus dilalui dan para pendaki harus siap dengan segala mendan tanjakan. Saat memasuki daerah perkemahan, pendaki akan melihat pemadangan bunga daisy yang berwarna warni. Di kawasan ini, para pendaki bisa mendirikan tenda.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Sendang Unik dan Sakral di Sendang Gambir Salatiga

Di kawasan perkemahan ini, pendaki bisa menyaksikan pemadangan Golden Sunrise yang bisa disaksikan pada pukul 05.00 WIB. Pendaki juga akan disuguhkan hamparan lautan awan di depan mata dan juga pemandangan gagahnya Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Prau adalah saat memasuki musim pancaroba atau transisi, yaitu bulan Juli hingga September. Musim itulah di mana pendaki akan melihat cerahnya langit dari puncak Gunung Prau.

Panorama Golden Sunrise dan waktu tempuh yang singkat menmbuat jalur pendakian puncak Gunung prau via Patakbanteng ini bisa dikatakan jalur pendakian yang ramah bagi para pendaki pemula.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

Dianggap Liar, Tempat Karaoke di Terminal Purwodadi Bakal Digusur

Tempat karaoke di kawasan Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, bakal digusur karena dianggap tidak mengantongi izin operasi.

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Kerap Dirazia Satpol PP, PSK Jalanan Semarang Pasang Tarif Segini

Praktik prostitusi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kerap dirazia Satpol PP Kota Semarang karena berlangsung di jalanan.

Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Belasan petani penggarap datangi Kantor Pertanahan Grobogan untuk meminta informasi kemungkinan tanah garapan mereka dibuatkan sertifikat.

Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.

Lawan Bhayangkara di Jatidiri, Panpel PSIS Belum Putuskan Lokasi Parkir

Menjelang laga perempat final Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri, pihak panpel masih mencari lokasi lahan parkir untuk suporter.