SOLOPOS.COM - Petugas BPPTKG DIY melihat alat pemantau getaran aktivitas Merapi di Kantor BPPTKG DIY, Jalan Cendana, Kota Jogja, Senin (5/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Tidak ada keanehan ataupun perubahan sikap yang dilakukan warga

Harianjogja.com, SLEMAN—Dampak gempa tektonik 2,5 Skala Richter yang berpusat di kedalaman 18 kilometer barat daya Boyolali, Jawa Tengah pada Minggu (4/6/2017) menyebabkan guguran material di Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga : Status Gunung Merapi Masih Normal

Kepala Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Heri Suprapto, menuturkan aktivitas warga berjalan seperti biasa meski ada gempa itu. Tidak ada keanehan ataupun perubahan sikap yang dilakukan warga.

“Infonya memang ada gempa [di Boyolali] pada Minggu [4/6/2017] tetapi kami [warga] tidak mendengar atau merasakan saat itu,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (5/6/2017). Alhasil, tidak ada kepanikan yang tersurat dari warga.

Kalangan warga beraktivitas layaknya hari-hari sebelumnya. Apalagi, lanjut Heri, tidak ada perbedaan yang terlihat dari Gunung Merapi. “Kepulan asap yang keluar biasa saja. Ini saya lagi di Kaliadem [Senin], semua baik-baik saja,” ungkapnya.

Kepala Dusun Pangkurejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Subagyo, mengatakan informasi terkait dengan adanya guguran material yang terjadi di Merapi hanya diketahui beberapa orang saja. Informasi tersebut sengaja tidak diperbincangkan agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Dengan begitu, aktivitas warga di sekitar lereng Merapi berjalan normal seperti biasanya. Begitu juga dengan kondisi gunung, secara kasat mata tidak mengalami perubahan atau keanehan. “[Informasi] itu memang sengaja tidak dibicarakan agar warga tidak panic,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya