Tutup Iklan

Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Hujan Abu Tipis hingga Klaten

BPPTKG juga mengungkapkan status Gunung Merapi hingga saat ini masih Waspada atau level 2. Akibat serangkaian guguran lava pijar yang terjadi sejak pukul 20.17 WIB, hujan abu tipis dilaporkan terjadi di beberapa desa di Kecamatan Musuk dan Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, serta Kota Boyolali.

Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Hujan Abu Tipis hingga Klaten

SOLOPOS.COM - Guguran lava pijar Gunung Merapi yang teramati dari CCTV pukul 20.17 WIB. (Istimewa/Twitter/BPPTKG)

Solopos.com, SOLO - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tekhnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar yang meluncur ke arah Kali Gendol pada Selasa (29/1/2019) malam pada pukul 20.17 WIB.

Dikutip dari akun twitter @BPPTKG, guguran lava pijar Gunung Merapi terekam kamera CCTV pada pukul 20.17 WIB dengan durasi selama 141 detik. Lava pijar meluncur sejauh 1400 meter ke arah Sungai Gendol.

Tak lama kemudian, guguran lava pijar juga terjadi dengan jarak luncur 1300 m dan 1100 m. "Guguran lava pijar kembali teramati di Gunung #Merapi pukul 20.56 dan 21.41 WIB, dengan jarak luncur 1300 m dan 1100 m ke arah hulu Kali Gendol, durasi 135 dan 111 detik. #statuswaspada," tulis akun @BPPTKG.

BPPTKG juga mengungkapkan status Gunung Merapi hingga saat ini masih Waspada atau level 2. Warga dihimbau untuk tetap tenang dan mewaspadai terjadinya hujan abu.

Akibat serangkaian guguran lava pijar yang terjadi sejak pukul 20.17 WIB, hujan abu tipis dilaporkan terjadi di beberapa desa di Kecamatan Musuk dan Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, serta Kota Boyolali.

Akun @merapi_news, mengumpulkan sejumlah foto yang memperlihatkan hujan abu tipis di sejumlah daerah seperti Cepogo hingga Musuk di Boyolali, hingga Petung Deles Indah Sidorejo Kemalang Klaten. Berikut sejumlah unggahan foto yang memperlihatkan guguran lava pijar di sejumlah tempat;

Berita Terkait

Berita Terkini

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.