SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gunung Merapi sempat mengeluarkan awan panas pada Senin (18/11/2013) pagi, namun pelatihan tim Search And Rescue (SAR) tetap jalan.

Salah satu peserta pelatihan dari Wilayah II Baron Eko Suprihatin menuturkan pelatihan tetap berjalan sesuai jadwal. “Daerah yang utara yang agak parah karena ada hujan abu. Sampai saat ini latihan tidak terganggu,” papar dia ketika dihubungi Harianjogja.com, Senin (18/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 11 personil tim Search And Rescue (SAR) Wilayah II Baron mengikuti pelatihan peningkatan kualitas di Kaliurang, Sleman. Koordinator SAR Wilayah II Baron Marjono menuturkan pelatihan tersebut digelar Kesbanglinmas DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

Kesebelas personil dikirim dalam dua gelombang. Lima orang akan dikirim pada gelombang pertama Minggu (17/11/2013) hingga Kamis (21/11/2013).

“Gelombang kedua kami akan mengirim enam personil yang akan mengikuti pelatihan pada Jumat (22/11/2013) hingga Senin (25/11/2013). Dalam pelatihan ini kami memprioritaskan personil yang baru,” papar dia di Pos SAR Wilayah II Baron, Minggu (17/11/2013).

Marjono berharap kemampuan penyelamatan para personil SAR bisa meningkat. Ia mengakui secara mental para anggota yang baru sudah tidak diragukan lagi. Mereka dinilai memiliki semangat yang tinggi sebagai anggota tim SAR.

“Tapi untuk kemampuan penyelamatan dan skill yang mendukung tentu perlu terus ditingkatakan. Mereka akan mendapatkan pelatihan materi di ruangan, air serta jelajah medan,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya