SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Merapi, Jawa Tengah (JIBI/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak sebelas pendaki yang melakukan pendakian di Gunung Merapi, Minggu (17/11/2013) malam telah dievakuasi.  Hingga kini sebelas pendaki tersebut dalam kondisi selamat dan tidak ada korban.

“Kesemuanya telah kami evakuasi melalui jalur Selo, Boyolali. Semua dalam kondisi sehat dan selamat. Soal dari mana asalnya, kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi, kepada wartawan, Senin (18/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menambahkan, pihaknya sampai saat ini masih mengacu pada rekomendasi dari  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja terkait dengan aktivitas pendakian.

Adanya potensi letusan freatik yang masih memungkinkan terjadi kapan saja, BPBD DIY meminta agar aktifitas pendakian hanya sampai pada Pasar Bubrah atau satu kilometer dari puncak. “Selain itu, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Terdapat surat dari Gubernur kepada kepala daerah untuk mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya