SOLOPOS.COM - Empat Tahun Merapi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Gunung Merapi, terutama ekosistem hutan di lereng kawasan tersebut masih mengalami kerusakan.

Harianjogja.com, BANTUL – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan upaya reboisasi atau penanaman pohon kembali di kawasan lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman sangat problematis.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Bagi saya itu (reboisasi) di lereng Merapi itu penting, namun sampai sekarang memang sangat problematis di lereng Merapi itu,” kata Sultan disela acara pencanangan program penanaman 5.000 pohon di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) wilayah Kabupaten Bantul, Senin (30/3/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Sultan, upaya reboisasi lereng Merapi penting dilakukan karena pihaknya butuh sumber-sumber mata air baru, sebab masyarakat di Sleman, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul dirugikan dengan kerusakan ekosistem hutan di lereng Merapi.

Kerusakan ekosistem hutan di lereng Gunung Merapi sendiri terjadi karena terkena awan panas saat erupsi gunung tersebut pada 2010, namun, menurut Sultan, bencana itu membawa berkah bagi masyarakat setempat karena memunculkan wisata baru yakni ‘lava tour Merapi’.

“Memang kehendak masyarakat juga berbeda, karena dengan ‘lava tour’ memang mendapatkan peningkatan kesejahteraan, akan tetapi di satu pihak sulit bagi kami wilayah itu (lereng Merapi) untuk direboisasi,” katanya.

Hanya saja, Sultan mengkhawatirkan bencana erupsi Merapi yang masih mungkin terjadi, sebab menurutnya gunung tersebut mempunyai aktivitas rutin dalam empat tahun sekali yakni memuntahkan lava seperti pada 2010.

“Kami khawatir, karena kalau lava itu turun lagi ‘ya’ seperti lewat jalan tol, karena sudah pasir semua tidak ada hutan tidak ada penghalang apapun, jadi batu juga akan meluncur dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari 2010 lalu,” katanya.

Namun demikian, Sultan berharap kepada warga yang mempunyai lahan dan tempat tinggal di kawasan lereng Merapi dan telah diberikan sertifikat dari pemerintah setempat mempunyai kesediaan untuk melakukan penanaman berbagai pohon.

“Sehingga pohon tersebut bisa menghambat lava maupun batu dari aktivitas Merapi dan menahan agar tidak terlalu jauh turun ke bawah (pemukiman padat penduduk),” kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya