SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Manado [SPFM], Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara meletus sebanyak tiga kali sejak dinihari tadi. Padahal status gunung tersebut masih siaga. Saat letusan terjadi, warga sekitar gunung sempat panik. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon Farid Ruskanda, Selasa (27/12) mengatakan gunung tersebut meletus pada pukul 03.07 WITA, 03.21 WITA, dan 03.24 WITA. Terjadi 200 lebih gempa vulkanik selama letusan.

Selain gempa, terdengar dentuman keras dan hujan abu saat terjadi letusan. Suara dentuman terdengar dari pos pemantau yang berjarak 5 Km. Kepanikan terjadi pada warga yang tinggal dekat dengan gunung, seperti di Kelurahan Kinilow dan Kelurahan Tinihor. Namun warga berhasil ditenangkan dengan imbauan agar tetap waspada. Petugas juga membatasi kegiatan warga dari gunung/ dengan radius 2,5 Km. [dtc/rda]

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya