SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


TOMOHON-Sebuah letusan besar disertai lontaran debu vulkanis terjadi di Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, Kamis (11/4/2013) pukul 10:51 WITA. Adapun ketinggian debu tersebut mencapai 2.000 meter.

“Suara dentuman itu terdengar dari Pos Gunung  Lokon pada jarak 6 kilometer dari Kawah Tompaluan. Tampak asap berwarna kelabu tebal, tinggi kolom abu letusan lebih dari  2.000 meter (sebagin tertutup kabut) dari Kawah Tombaluan, tertiup angin kearah Selatan Barat Daya,” ujar  Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Surono menambahkan bahwa pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut dan BPBD Kota Tomohon.

“Terima kasih kepada masyarakat di sekitar Gunung Lokon atas kesabaran dan koordinasinya dalam mengantisipasi ancaman bahaya letusan Lokon. Terima kasih kepada kepala BPBD Sulut dan kepala BPBD Kota Tomohon yg telah menjalin kejasama yg baik dlam mitigsi bencana letusan Lokon,” tambah Surono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya