SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Aktivitas gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, masih tetap tinggi dan berstatus tetap awas (level 4). Gunung itu sekitar pukul 05.15 wita meletus kembali dengan ketinggian 300 meter dari kawah Tompaluan.

“Dari kawah Tompaluan meletus kembali sekitar pukul 05,15 Wita dengan ketinggian 300 meter dari kawah Tompaluan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (16/7/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Sutopo, jumlah pengungsi terakhir yang didata sekitar pukul 09.15 WIB, yakni sekitar 4.692 orang yang terdiri dari 2.417 orang laki-laki dan 2.275 orang perempuan). “Mereka terdiri dari 1.352 KK dan tersebar di 6 pos pengungsian,” ujar Sutopo.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, dini hari tadi juga terjadi letusan Gunung Lakon sekitar pukul 02.47 Wita dengan ketinggian 800 meter dari kawah Tompaluan. Hari ini BNPB menyampaikan aktivitas Gunung Lokon masih terus terjadi dengan adanya gempa vulkanik, tremor dan asap yang keluar. Monitoring terus dilakukan secara intensif oleh Pos PVMBG di Gunung Lokon.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya