SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA-Gunung api Lokon di Sulawesi Utara, Senin (25/3/2013) pagi kembali meletus. Letusan disertai suara dentuman kuat dan lontaran material pijar tinggi 2.000 meter terjadi pada pukul 05.10 dan 05.12 WITA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Gunung tampak jelas, tampak asap putih tebal dengan ketinggian 200-400 meter dari kawah Tompaluan,” kata Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi Surono kepada Harianjogja.com, melalui Blackberry Massage.

Selain letusan, Surono mencatat terjadi sekali gempa seismik, 22 kali gempa vulkanik dalam, 51 kali gempa vulkanik dangkal, 1 kali gempa hembusan asap, dan dua kali gempa letusan pada waktu yang sama.

“Sehubungan aktivitas G Lokon makin tinggi, ditengarai dgn masih tercatat gempa-gempa vulkanik dalam dan dangkal, serta masih terjadi deformasi, maka Gunung Lokon masih berpotensi terjadi erupsi. Untuk itu, agar tdk ada aktivitas masyarakat dalam radius 2.5 kilometer dari Kawah Tompaluan,” harap Surono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya