SOLOPOS.COM - Ilustrasi letusan Gunung Kelud yang meletus Kamis (13/2/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, KEDIRI– Sebuah kubah lava terbentuk saat Gunung Kelud terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada Tahun 2007, kini tak bisa ditemui lagi.

Kubah lava yang tercipta di danau kawah itu telah pecah dengan meletusnya Gunung Kelud pada Kamis Pukul 22.50 WIB (13/2/2014).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kubah Lava yang disebut warga sebagai anak Gunung Kelud itu awalnya adalah danau kawah yang terjadi pada November 2007 ketika Kelud ‘menggeliat’. Danau tersebut menjadi salah satu andalan pariwisata Kabupaten Kediri

“Kubah lava hilang sekarang, diameter lubang letusan 400 meter,” kata Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Gede Swastika kepada detikcom, Sabtu (15/02/2014).

Kubah Lava itu sesuai data yang didapat memiliki volume 16 Juta meter kubik dan ketinggian dasar 1.114 m dpl. Kini gunung setinggi 1.731 m dpl kembali memiliki kawah.

Mengenai jumlah volume material yang dimuntahkan Gunung Kelud pada Kamis malam, Gede belum bisa menyebut angka pastinya. “Diperkirakan 100 juta meter kubik, tapi ini tim sekarang sedang melakukan pemetaan volumenya,” terang Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya