SOLOPOS.COM - Gunung Kelud (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO – Menjamurnya rekaman video erupsi Gunung Kelud di Youtube membuat banyak pengguna terkecoh. Hanya sedikit dari beberapa video itu yang dapat dipercaya. Salah satunya video yang diunggah akun bernama Arie Herwin Fahruni.

Video akun pengguna itu telah digandakan oleh MrXKatrok1 yang sengaja mengumpulkan video-video letusan Gunung Kelud dan dampaknya. Pantauan Solopos.com, video Erwin hingga Sabtu (15/2/2014) sore telah ditonton oleh 62.116 viewers.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Video ini diunggah sejak Kamis (13/2/2014) beberapa saat setelah erupsi terjadi. “Letusan Gunung Kelud di ambil dari Desa Gandusari, Kabupaten Blitar, pukul 23.30 WIB,” tulisnya dalam keterangan video.

Video berjudul Erupsi Gunung Kelud 13 2 2014 itu menunjukkan rekaman saat material vulkanik menyebur dari gunung. Pada awal rekaman terlihat abu vulkanik keluar berwarna merah. Beberapa sat kemudian kilat menyambar. Meski terlihat sangat gelap kilatan muncul beberapa kali menerangi video itu.

Suara gemuruh yang cukup keras juga terdengar di rekaman itu. Mengiringi gemuruh Gunung Kelud, sirene dan klakson motor terdengat. Video amatir ini juga merekam percakapan perekam videonya.

Meski terbilang otentik, di Youtube video ini kalah populer dengan video unggahan PlatGTV yang diunggah pada hari yang sama. Anehnya meski diunggah pada Kamis malam, video ini menunjukkan material vulkanik yang meleleh terjadi pada saat terang.

Seperti diketahui erupsi dahsyat Gunung Kelud terjadi antara pukul 22.49 WIB dengan kondisi yang cukup gelap.

Video lain juga mencatut nama “Erupsi Gunung Kelud”. Video unggahan akun bernama Virtual telah ditonton oleh ratusan ribu pengguna. Video ini adalh slide show gambar-gambar erupsi Gunung Kelud. Sayangya diantara foto itu ada foto yang telah dinyatakan hoax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya