Kategori: Leisure

Gunung Gunung Terpopuler Di Pulau Jawa


Solopos.com/BC

Solopos.com, JAKARTA -- Wisata di Pulau Jawa memang kurang lengkap kalau belum membicarakan tentang pegunungan. Tentunya, sudah banyak gunung-gunung yang sudah menjadi spot pendakian yang populer di Jawa. Namun, bagi Anda yang baru akan memulai petualangan pendakian di Pulau Jawa, berikut adalah beberapa gunung terpopuler di Jawa.

Gunung Gede, Cibodas 

Karena jarak dan aksesnya yang sangat mudah, Gunung Gede menjadi gunung pilihan warga Jakarta dan sekitarnya. Gunung ini mempunyai puncak setinggi 2958 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Rute menuju Gunung Gede pun bisa Anda capai dari Jakarta ke Bogor dan menuju ke Cibodas. Umumnya, para pendaki akan menghabiskan satu malam di Cibodas sebelum memulai pendakian pada pagi buta.

Jalur pendakian ada 3 dan semuanya menawarkan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Apabila Anda ingin trek yang sedikit menantang, Anda dapat mencoba menggunakan trek via Gunung Putri. Namun, Apabila Anda lebih ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, Anda bisa menggunakan jalur Cibodas.

Baca juga: Pengin Piknik Seru Bareng Teman Sekantor? Pakai Traveloka Corporates Saja

Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur saat matahari terbit, Rabu (26/4/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Gunung Bromo

Selain Gunung Gede, Bromo pun menjadi destinasi wisata terpopuler di Pulau Jawa. Memang untuk mendaki Bromo tidaklah terlalu sulit. Selain itu, gunung berapi di Jawa Timur ini bisa dituju melalui beberapa rute perjalanan.

Anda bisa mengunjungi Gunung Bromo melalui kota Surabaya yang kemudian menuju ke Probolinggo. Alternatif kedua adalah dari kota Surabaya menuju Pasuruan. Jika tidak ingin melalui kota Surabaya, Anda dapat mengunjungi Bromo melalui kota Malang. Periode terbaik untuk mendaki Bromo adalah pada musim Kemarau (Mei hingga Oktober).

Gunung Semeru 

Semakin dipopulerkan berkat film 5 cm, Gunung Semeru mulai menarik perhatian banyak orang. Gunung Semeru juga merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya yang mencapai 3,676 mdpl.

Pemandangan terindah sebelum mencapai puncak Semeru adalah Ranu Kumbolo. Anda dapat membangun tenda di Ranu Kumbolo sambil menikmati indahnya danau dan bintang-bintang di langit yang tidak berpolusi.

Rute termudah dan terlengkap untuk mengunjungi Semeru adalah melalui kota Malang. Dari Malang, Anda bisa menuju ke pasar Tumpang, kemudian ke Ranu Pani.

Baca juga: Ubah Rencana Liburan dengan Fitur Easy Reschedule di Traveloka

Gunung Merbabu

Gunung yang mempunyai puncak setinggi 3,145 mdpl ini terletak di kabupaten Magelang. Tidak terlalu sulit, Gunung Merbabu ini cocok jika Anda baru memulai aktivitas mendaki. Ada 11 jalur yang bisa Anda pilih berdasarkan tingkat kesulitan dan jaraknya.

Jika Anda memilih jalur Selo, rute transportasi menuju Merbabu bisa melalui Solo, menuju Boyolali, kemudian ke Pasar Cepogo dan barulah menuju Selo. Jika Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta, Anda bisa menuju Semarang dan Klakah.

Gunung Lawu 

Gunung berketinggian 3,265 mdpl ini terkenal karena pemandangannya yang sangat indah, namun gunung Lawu pun memiliki kisah mistisnya sendiri. Ada beberapa pantangan yang wajib dilakukan sebelum mendaki Gunung Lawu.

Gunung yang terletak di Kabupaten Karanganyar ini mempunyai tiga puncak yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan yang paling tinggi bernama Hargo Dumilah. Dulunya, Gunung Lawu merupakan gunung berapi terbesar di Pulau Jawa. Namun aktivitas vulkanik telah berhenti semenjak tahun 1885.

Perjalanan menuju Gunung Lawu pun sebenarnya tidak sulit. Jika menggunakan kereta api, Anda dapat menuju ke kota Solo dan melanjutkan ke Terminal Tirtonadi. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Terminal Tawangmangu, dan barulah Anda akan tiba di salah satu jalur pendakian Gunung Lawu yang bernama Cemoro Sewu.

Baca juga: Traveloka EPIC SALE Kembali! Yuk, Manfaatkan Buat Staycation ke 5 Destinasi Favorit Ini!

Inilah 5 gunung di Jawa yang paling populer. Masih ada berpuluh-puluh gunung indah di Jawa lainnya yang bisa Anda kunjungi. Untuk masalah kebutuhan traveling saat menjelajahi gunung-gunung populer tersebut, Anda bisa percayakan pada aplikasi Traveloka. Tak hanya bisa booking hotel ataupun sewa villa dengan mudah, fitur Traveloka CleanAccommodation juga siap bantu Anda memilih akomodasi yang telah menjalankan standar dan protokol kesehatan serta kebersihan sesuai anjuran otoritas setempat. Jadi, menginap saat liburan tak cuma nyaman tapi juga aman!

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi