Gunawan Wirosaroyo Meninggal Dunia, Keluarga Besar PDIP Berduka
Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo, (tengah), bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Rohadi Widodo, (kiri), berbincang dengan Ketua DPP PDIP periode 2000-2005, Gunawan Wirosaroyo, (kanan), beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok- Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Ketua DPP PDIP periode 2000-2005, Gunawan Wirosaroyo, 75, meninggal di Rumah Sakit Kasih Ibu (RSKI) pada Sabtu (23/1/2021) pukul 18.20 WIB.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Gunawan meninggal setelah menjalani perawatan karena sakit yang diderita. Informasi tersebut juga menyebutkan bahwa Gunawan meninggal dalam kondisi negatif Covid-19.

Pemakaman akan dilaksanakan di Sasonoloyo Munggur, Karanganyar, pada Minggu (24/1/2021) pukul 11.00 WIB. Tokoh PDIP Gunawan Wirosaroyo meninggalkan seorang istri, Sriyunti, dan tiga orang anak. Dia juga memiliki tujuh orang cucu.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo membenarkan informasi perihal meninggalnya Gunawan Wirosaroyo senior di partai berlambang kepala banteng. "Iya betul. Meninggal karena usia [sudah tua]. Selain itu, beliau pernah mengeluh kaki mengalami pengapuran. Kaki sebelah kiri dan pernah operasi," ujar Bagus saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Innalillahi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSUD Karanganyar Meninggal karena Covid-19

Dia mengingat momen terakhir bertemu Gunawan Wirosaroyo saat anjangsana ke rumah politikus PDIP itu dalam rangkaian HUT DPRD Kabupaten Karanganyar, Senin (11/1/2021). Pimpinan DPRD Kabupaten Karanganyar rutin mengunjungi mantan pimpinan DPRD Kabupaten Karanganyar yang masih hidup. Salah satunya, Gunawan.

Saat itu, mereka berbincang tentang politik, pemerintahan, dan lain-lain. Bagus menyebut ingatan mantan anggota DPR RI dua periode, yakni periode 1999-2004 dan 2004-2009 itu masih tajam dan komunikasi lancar.

"Kami tanya bagaimana kesehatannya, beliau menjawab baik. Hanya mengeluh kaki sebelah kiri mengalami pengapuran. Seperti itu saja. Tidak menceritakan penyakit lain. Tapi memang usia beliau sudah 75 tahun," ungkap dia.

Pemilik Toko Modern di Wonogiri Berharap Jam Operasional Boleh Maju Selama PPKM

Sosok Panutan

Bagus mengaku tidak tahu pasti kapan Gunawan dirawat di rumah sakit. Di mata Bagus, Gunawan menjadi sosok panutan, senior, dan guru kepartaian di Kabupaten Karanganyar. Gunawan Wirosaroyo menjadi salah satu senior di PDIP Kabupaten Karanganyar.

"Waktu saya masuk partai tahun 1998 itu beliau sudah menjabat Sekretaris DPD Jateng. Waktu itu pernah kejadian kantor DPC PDIP Kabupaten Karanganyar itu di rumahnya. Itu kali pertama saya ke sana [rumah Gunawan]. Dia guru bagi kader PDIP yang memberikan banyak pengalaman sejarah partai," ungkapnya.

Puluhan Orang Berjibaku Angkat Sampah di Dam Jetis Klenteng Sragen

Bagus mengungkapkan rasa kehilangan atas meninggalnya Gunawan. PDIP Kabupaten Karanganyar, kata Bagus, kehilangan guru tentang kepartaian di Kabupaten Karanganyar. Selain bergelut di bidang politik, Gunawan juga menekuni usaha di bidang perhotelan. Dia pemilik Taman Sari Hotel and Convention Center di Jalan Lawu Karanganyar.

"Beliau orang yang dikagumi, karena punya segudang pengalaman politik. Ya, kami DPC PDIP Kabupaten Karanganyar kehilangan Bapak Gunawan Wirosaroyo salah satu tokoh yang selama ini dituakan. Beliau ini guru partai," tutur Bagus.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom