SOLOPOS.COM - Seragam SD di Tokyo rancangan Armani (Washingtonpost)

Orang tua siswa SD di Jepang memprotes seragam SD rancangan desainer dunia.

Solopos.com, TOKYO — Seragam sekolah dasar (SD) di Jepang mengenakan rancangan desainer dunia Giogio Armani, Dengan potongan ramping dan modis satu setel seragam tersebut dibanderol 80.000 yen atau sekitar Rp10 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kehadiran seragam ini diprotes keras oleh para orang tua murid.

Ekspedisi Mudik 2024

Seragam baru Sekolah Dasar (SD) Taimei ini terdiri atas paket seragam lengkap, termasuk tas dan topi.  Dilaporkan Suara.com yang melansir dari Washington Post, Senin (12/2/2018), biaya tersebut tiga kali lipat biaya seragam standar sekolah dasar di Jepang saat ini.

“Mengapa harus Armani sebagai seragam sekolah dasar negeri?” protes salah satu orangtua kepada Huffington Post Jepang. Bahkan sebagai salah satu negara yang memilikisense of fashion cukup tinggi, seragam rancangan Armani dirasa terlalu mahal untuk anak-anak, terutama karena Taimei adalah sekolah yang didanai pemerintah.

Menanggapi reaksi para orang tua, anggota parlemen Party of Hope Manabu Terada akhirnya mengangkat isu ini pada sebuah pertemuan Komite Anggaran DPR.

Seragam itu bahkan lebih mahal daripada beberapa setelan kerja untuk orang dewasa. Para menteri di pemerintahan pun sepakat bahwa beberapa keluarga sangat mungkin tidak dapat membeli seragam baru tersebut.

Kyodo News melaporkan Menteri Pendidikan Yoshimasa Hayashi mengatakan bahwa sekolah tersebut seharusnya membicarakan masalah ini dengan orangtua terlebih dahulu, dan bahwa kementeriannya akan mempertimbangkan langkah-langkah untuk menghindari beban biaya seragam ini pada orangtua.

Namun, terlepas dari kritik para orangtua, sekolah dasar Taimei sepertinya akan tetap menggunakan desain seragam baru ini. Menurut Kepala Sekolah Toshitsugu Wada, seragam lama tidak akan diproduksi lagi, dan seragam baru rancangan Armani akan diperkenalkan pada bulan April mendatang.

Dalam sebuah konferensi pers, Wada mengatakan alasannya memilih Armani sebagai perancang seragam sekolah dasarnya, yaitu karena butik merek tersebut berlokasi di dekat sekolah, dan karena seragam tersebut sesuai dengan identitas Taimei sebagai “Sekolah Ginza.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya