SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

ilustrasi.dok

KULONPROGO-Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbudhut) Kulonprogo menargetkan hasil panen kedelai dengan sistem penanaman pola tonjo mencapai 2 ton per hektar. Hal itu dilakukan mengingat kebutuhan kedelai nasional masih tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Distanbunhut, Bambang Tri mengatakan, produktivitas kedelai di Kulonprogo berkecenderungan meningkat dari tahun ke tahun dalam setiap masa panennya. Pada 2012 lalu, tren produktivitas kedelai Kulonprogo mengalami peningkatan dari 1,2 ton per hektar menjadi 1,68 ton.

“Karena itu, kami targetkan hail produksi kedelai tahun ini bisa mencapai dua ton per hektar. Khususnya untuk kelompok tani yang mengikuti Sekolah Lapang,” kata Bambang, Selasa (7/5/2013).

Pihaknya, lanjut Bambang, merasa optimistis target tersebut bisa tercapai. Sejumlah program pendampingan kepada para petani telah dilakukan untuk mengoptimalkan tingkat produktivitas tani.

Upaya dinas selama ini untuk bisa meningkatkan produktivitas panen kedelai diantaranya melakukan pendampingan serta memberikan bantuan pupuk dan infrastruktur pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya