SOLOPOS.COM - Ilustrasi bank digital. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Penggunaan bank digital di Indonesia terus meningkat.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari bergesernya pola gaya hidup masyarakat berkat digitalisasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penggunaan Bank Digital kini dinilai lebih efisien dan praktis. Bank digital adalah sebuah layanan perbankan konvensional yang dijalankan dengan otomatisasi serta Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha melalui saluran elektronik.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/PJOK.03/2018 dituliskan bahwa, layanan perbankan digital adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek kenyamanan.

Pada dasarnya, bank digital hadir sebagai jawaban dari perkembangan teknologi informasi dan gaya hidup masyarakat di tengah digitalisasi.

Baca Juga: Ramai Bank Digital Tawarkan Bunga Simpanan Tinggi, Begini Tanggapan LPS 

Lalu, apa keuntungan dan kelemahan menabung di bank digital? Keuntungan Menabung di Bank Digital dinilai mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabahnya.

Jika biasanya nasabah harus meluangkan waktu untuk pergi ke Kantor cabang saat hendak melakukan pembuatan rekening, para nasabah Bank digital tidak harus lagi repot-repot melakukan hal tersebut, mengingat semua layanan perbankan dilakukan secara online.

Bank digital dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Fitur layanan perbankan yang dilakukan secara online sangat memudahkan para nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, mulai dari buka rekening, tutup rekening, transaksi pembayaran, hingga investasi.

Tak hanya itu, penggunaan Bank digital juga dinilai efisien dari segi biaya lantaran hampir semua bentuk pelayanannya dilakukan secara online dan mandiri. Contohnya, saat melakukan pembukaan rekening nasabah tidak perlu lagi menyiapkan dana untuk membayar biaya hingga tenaga administrasi.

Baca Juga: Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Keuntungan lainnya yang cukup menyilaukan adalah, bunga yang cenderung lebih besar. Biasanya bank digital akan memberikan bunga mencapai 4% yang mana lebih tinggi 1% dari bank konvensional.

Kekurangan Bank Digital

Sederet kekurangan Bank Digital di antaranya keterikatannya dengan jejaring Internet. Artinya, ketika berada di luar jaringan Internet, tidak akan bisa mengakses aplikasi serta memanfaatkan fitur perbankan lainnya yang ditawarkan.

Selain itu, beberapa analis keuangan juga memperkirakan terkait besarnya risiko yang akan ditanggung oleh nasabah apabila bank mengalami likuidasi.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Keuntungan dan Kerugian Pakai Aplikasi Bank Digital

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya