SOLOPOS.COM - KRL Jogja-Klaten saat berada di Stasiun Klaten, Rabu (28/10/2020). (Istimewa-Dokumentasi Dishub Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Uji coba KRL Solo-Jogja yang sementara dioperasikan sebagai relasi Jogja-Klaten dilakukan hari ini, Rabu (4/11/2020). Perjalanan kereta baru itu diabadikan dalam video viral di media sosial rekaman pemilik akun Instagram @joscha_alverano yang dibagikan ulang @agendasolo.

Rekaman video tersebut memperlihatkan KRL Solo-Jogja melintas di salah satu perlintasan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bodi kereta rel listrik itu didominasi warna abu-abu dengan corak batik merah putih.

Serasa Nonton Film Horor, Ini Rekaman CCTV Aksi Maling di Polokarto

Video tersebut kemudian viral dan mendapat beragam komentar warganet.

"KRL tapi kalau cuma 1-3 ya sama saja nunggunya lama," komentar @far_uchiha.

"D ganti pun sama aja Solo-Jogja tetap sejam. Bedanya KRL nanti bisa berhenti di Gawok, Delanggu, Srowot, Brambanan," sambung @ginan_osyn.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya kereta rel listrik (KRL) Jogja – Klaten siap diuji coba mulai Selasa (3/11/2020) hingga Minggu (8/11/2020). Uji coba tahap awal ini bakal melintasi jalur Klaten – Brambanan pergi pulang (PP) terlebih dahulu.

Kisah Makeup Artist Asal Wonogiri Jadi Penyintas Covid-19

Sebelumnya, proyek Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan pembangunan infrastruktur di bawah tanggung jawab Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah ini menyisakan relokasi kabel listrik milik PLN yang melintang sepanjang trek.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setyawan,mengatakan uji coba KRL ini dilakukan secara bertahap per stasiun. Hal ini bertujuan mengetes kestabilan daya listrik pada masing-masing petak hingga mengecek kemampuan masing-masing stasiun.

“Kami uji coba bertahap. Pertama, relasi Stasiun Klaten – Srowot terlebih dahulu, lalu lanjut Klaten – Brambanan. Jika lancar dan sesuai jadwal, pekan depan kami coba Klaten – Jogja,” ujarnya, kepada Solopos.com, Senin (2/11/2020).

Gancet Saat Berhubungan Intim, Ada Kaitannya dengan Mistis?

Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Sopandi, mengatakan KRL Jogja – Solo dalam tahap uji coba teknis, integrasi sistem, dan belum diperuntukkan operasional pelayanan. Menurutnya, uji coba dilakukan per petak trek yang sudah rampung.

“Tahap awal rencana Klaten ke Prambanan, sementara jadwal menyesuaikan kebutuhan teknis. Kami berharap saat uji coba ini jaringan listrik aliran atas [LAA] atau sinyal dapat berfungsi dengan baik dan selaras dengan sistem KRL,” kata dia.

Larikan Uang Rp15 Miliar, Wanita Surabaya Ditahan di Solo

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat melintas khususnya pada perlintasan sebidang tanpa palang pintu di ruas Klaten – Brambanan selama masa uji coba KRL.

“Operasional KRL ini berbeda dengan kereta disel. Jalannya lebih cepat, tapi suaranya lebih halus. Jadi, masyarakat kami harap lebih berhati-hati saat melintas. Jangan bermain-main di lintasan kereta api dan perlintasan sebidang tanpa palang pintu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya